Selasa, 20 November 2018 11:00 WIB
pmk

makanmakan

Kuliner Sumbawa Menggugah Selera

Redaktur:

Makanan khas Sumbawa, Gecok. Foto: Iwan Tri Wahyudi/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB), tak hanya memiliki pesona alam yang indah. Pulau sebelah barat Lombok itu juga diwarisi beragam kuliner khas yang tak boleh dilewatkan ketika melancong kesana. Salah satu yang patut kamu coba yaitu Gecok.

Gecok merupakan olahan berbahan utama jeroan yang dimasak dengan rempah-rempah yang tentunya akan membuat selera makan kamu meningkat.  Nah, bagi kalian yang ingin mencicipi hidangan dari Sumbawa ini, tidak perlu jauh-jauh untuk pergi kesana. Dalam acara ‘Ayo Makan’ yang diselenggarakan Hotel JW Marriot Jakarta, menghidangkan makanan dari beberapa daerah di Indonesia. Salah satunya makanan khas Sumbawa, Gecok.

Dari tangan Executive Sous Chef JW Marriot Hotel Jakarta, Heri Purnama. Gecok diolah dengan bahan yang berbeda dan teknik yang lainnya sehingga membuat makanan ini menjadi sangat lezat.  “Waktu saya kecil, ini makanan paling favorite saya,” ucapnya.

Kalau di pulau Sumbawa, gecok sebenarnya menggunakan jeroan. Akan tetapi disini, bahan utama dari gecok ini menggunakan daging atau ayam. Tentu tidak sebentar untuk memasak makanan. Dibutuhkan proses selama satu jam lebih agar daging menghasilkan tekstur yang empuk dan tidak keras ketika digigit.

“Daging kami rebus selama satu jam bersama rempah-rempah, supaya amisnya hilang dan dagingnnya pun empuk,” ucap Heri.

Tidak sampai disitu saja, daging yang sudah direbus tadi kemudian dibersihkan dan dimasak kembali bersama rempah-rempah. “Dimasak dengan bumbu-bumbu, ada kemiri, wijen hitam, daun jeruk, sereh,” jelasnya.

Tentu dalam memasak makanan yang luar biasa, Heri pasti memiliki rahasia tersediri dalam olahan gecok ini. Karena ketika saya mencobanya, aroma yang dikeluarkan itu sudah menggugah selera. Lalu saya mengambilnya sedikit, dan terasa pedas didagingnya, tapi empuk. Apa sih yang membuatnya begitu senikmat ini?

“Hampir setengah bumbu ini kami bakar terlebih dahulu. Gunanya agar aroma yang dihasilkan lebih kecium. Kecium kan?, dan yang membuatnya empuk, ya karena kita merebusnya dulu selama satu jam lebih,” tutur Heri.

Tak cukup segigit saya menikmatinya, saya pun melahap habis hidangan yang luar biasa sempurna ini. Apalagi bagi saya yang pecinta makanan daging dan menyukai rasa yang pedas. Bagi saya makanan ini sangat sempurna. 

Nah, penasarankan dengan rasanya? Akan lebih baik jika kalian langsung berkunjung ketempat ini. Berlokasi di JW Marriot Hotel, Jalan DR. Ide Anak Agung Kav. E.1.2. NO. 1&2, Kawasan Mega Kuningan, Jakarta. (cr3)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #kuliner #indoposmakan-makan 

Berita Terkait

Icip-Icip Citarasa Asia

Jakarta Raya

Menu Tradisional di Hotel Berbintang

makanmakan

Mereguk Khasnya Citarasa Teh Specialty

Jakarta Raya

Berinovasi dengan Cokelat

makanmakan

IKLAN