Kamis, 15 November 2018 11:27 WIB
pmk

makanmakan

Klappertaart, Cemilan Cantik Khas Manado

Redaktur:

Foto: Iwan Tri Wahyudi/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Satu lagi cemilan khas yang berasal dari Manado yang disajikan disini. Kudapan cemilan yang biasa dilakukan tanpa waktu khusus, bisa pagi, siang, sore, bahkan malam hari pun. Klappertaart namanya.

Makanan dikenal sebagai kue khas Manado dengan bahan dasar kelapa, tepung terigu, susu, mentega dan telur. Resep adonan tersebut merupakan pengaruh saat zaman pendudukan Belanda di Manado.

Terdapat beberapa macam cara memasak klappertaart. Bila dipanggang dan menggunakan roti, maka akan menghasilkan klappertaart dalam bentuk yang padat, bisa dipotong layaknya kue taart pada umumnya

Ditambah lembutnya berasal dari topping yang menggunakan cream yang sangat manis menjadikan makanan di Sailendra Restaurant  Hotel JW Marriot. ”Kami sengaja menyajikan kue ini, karena salah satu cemilan khas Manado yang tidak hanya enak dipandang, tapi juga manis,” jelas Executive Sous Chef, Heri Punama ketika ditemui di Hotel JW Marriot, Jakarta.

Klappertaart termasuk kue yang mengandung kalori yang cukup tinggi. Ada pengusaha klappertaart yang mencari campuran adonan yang lebih rendah jumlah kandungan kalorinya.

Beberapa jenis klappertart menggunakan lemak rendah kalori, susukalsium tinggi dan pemanis rendah kalori sebagai campuran adonannya menggantikan susu dan gula yang pada umumnya digunakan, sehingga menjadikan kue ini berkurang jumlah kalorinya. Klappertaart Rendah Kalori memang sengaja dibuat agar orang-orang yang sedang diet bisa menikmati kue lezat ini.

Klappertaart adalah ikon daerah Sulawesi Utara (Manado) juga telah masuk dalam Makanan Khas Nusantara bersama dengan 30 jenis makanan lainnya dari berbagai daerah.Saat ini Klappertaart sudah dikembangkan menjadi berbagai macam rasa atau flavor, ada rasa Durian, Chocolate, Keju, Rum Raisin, Blueberry, dan tentunya original. Di Manado sendiri Klappertaart sangat mudah didapatkan. (cr3)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #kuliner #indoposmakan-makan 

Berita Terkait

Menu Tradisional di Hotel Berbintang

makanmakan

Mereguk Khasnya Citarasa Teh Specialty

Jakarta Raya

Berinovasi dengan Cokelat

makanmakan

IKLAN