Jumat, 21 September 2018 05:05 WIB
pmk

Jakarta Raya

Imbau Tiap Kampung Jaga Identitas Betawi

Redaktur:

LESTARIKAN BUDAYA-Para tamu, tokoh Betawi, dan pejabat pemkot Jakarta Selatan saat menghadiri Festival Cipedak, Minggu (12/8). Foto Iqbal/ INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Potensi seni dan budaya betawi sudah seharusnya dikembangkan oleh warga DKI Jakarta sekitarnya. Bahkan warga masyarakat dituntut untuk mempertahankan ciri khas suatu wilayah masing-masing agar identitas wilayah tersebut tidak hilang begitu saja. Seperti halnya yang dilakukan warga Cipedak dalam kegiatan Festival 09 Ke-3, Minggu (12/8). 

Ketua Festival Cipedak 09 Ke-3 Tahun 2018, Indra Sutisna mengatakan, sebagai warga Jakarta kita sudah seharusnya melestarikan budaya betawi. Pada kegiatan Festival Cipedak kali ini menampilkan berbagai kegiatan kesenian betawi dan juga bazaar kuliner khas betawi. "Hal ini dilakukan bertujuan untuk mengembangkan potensi seni dan budaya serta meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat setempat," ungkapnya.  

Wali Kota Adm Jakarta Selatan, Marullah Matali mengatakan, kegiatan seperti ini bagus dilakukan karena memanfaatkan potensi yang ada di wilayah kampung Cipedak ini untuk kesejahteraan warga masyarakat Cipedak khususnya. 

Dirinya juga berpesan kepada warga masyarakat Cipedak untuk menjaga identitas wilayah mereka sendiri. Maka di Kampung Cipedak ini harus ada pohon Cipedak selain pohon Alpukat Cipedak. Marullah pun berjanji untuk membantu menyumbangkan 30 pohon Cipedak sebagai upaya menjaga identitas Kampung Cipedak yang asri dan teduh tersebut. 

Dalam kesempatan tersebut, sekaligus Wali Kota Adm. Jakarta Selatan, Marullah Matali membuka acara Festival Cipedak 09 Ke-3 Tahun 2018 Kelurahan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Sabtu (11/8).

Dalam kegiatan itu, turut hadir Kasudin Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Selatan, Nursyam Daud, Kepala UPK PBB Setubabakan, Rofiqoh, Sekretaris Kecamatan Jagakarsa, Mundari, Lurah Srengseng Sawah, Tubagus Masruri dan para tokoh masyarakat kelurahan Srengseng Sawah. 

Atraksi kesenian palang pintu serta tarian selamat datang dari warga RW 09 Kelurahan Srengseng Sawah pun mewarnai kegiatan tersebut. 

Sebagai identitas satu wilayah Cipedak, buah Alpukat Cipedak yang menjadi kebanggaan masyarakat Cipedak, Kec. Jagakarsa dicicipi bersama. Tak terkecuali Marullah Matali ikut mencicipi buah Alpukat.

Acara Festival Cipedak 09 Tahun 2018 itu menghadirkan bintang tamu Burhan dan Gambang Kromong Jali Putra (binaan Dinas Parbud Provinsi DKI Jakarta) yang menghibur masyarakat dengan lagu-lagu betawi tempo dulu. (ibl) 

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #kebudayaan-betawi #festival-cipedak-09 

Berita Terkait

Masyarakat Betawi Harus Bangun Jakarta

Jakarta Raya

Ondel-Ondel untuk Jakarta

Jakarta Raya

Nyok, Kita Nonton Ondel-Ondel

Jakarta Raya

Meriahnya Festival Kerak Telor

Jakarta Raya

Seru, Ada Atraksi Panahan di FTB

Jakarta Raya

IKLAN