Kamis, 15 November 2018 05:13 WIB
pmk

makanmakan

Klepon, Rasa Tradisional yang Unik

Redaktur:

Foto: Iwan Tri Wahyudi/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Berbicara tentang jajanan pasar tradisional khas Indonesia memang tidak akan ada habisnya. Kudapan khas yang kerap kali dijual di pasar selalu memiliki peminat sendiri. Bahkan, di era media sosial dan teknologi, jajanan pasar justru makin lestari keberadaanya.

Dari berbagai macam jajanan pasar tradisional khas Indonesia seperti; bikang, onde-onde, lumpia, tahu isi, pisang goreng, apem, cenil, risoles, cucur, dadar gulung, dan masih banyak lainnya, ada jajanan pasar tradisional nggak kalah populer dengan jajanan-jajanan yang sudah disebutkan tadi, ialah klepon.

Siapa yang tidak tau cemilan yang berbentuk bulat kecil dan berwarna hijau ini. Cemilan ini sangat mudah dijumpai di manapun. Bahkan membuatnya pun tidak begitu sulit. Ketika memakannya akan terasa manis, karena didalamnya terdapat gula merah. Ditambah dengan balutan dari serutan kelapa menambah kenikmatan yang nongkrong di sore hari.

“Cemilan ini kan terasa Indonesianya, sehingga kami pun akan menyajikan cemilan ini,” ucap Chef Heri.

Ia pun menjelaskan cara membuat cemilan cantik ini. Pertama, tepung ketan ditambah air dingin, lalu diaduk hingga adonan menjadi lembut dan mudah dibentuk. Lalu ambil sedikit, kira-kira 4gr, terus masukkan potongan gula merah yang dipotong sesuai selera. Selanjutnya bentuk bulat. Oh ya, sebelum membuat adonan, jangan lupa didihkan air terlebih dahulu. Dan kelapa juga jangan lupa untuk dikukus. Kata chef biar tidak sakit perut karena makanan kelapa mentah.

“Setelah adonan sudah dibentuk, lalu masukkan kedalam panci yang berisi air mendidih. Kalau sudah matang, dia naik sendiri dari permukaan panci. Nah, setelah itu diangkat, dan ditaruh diwadah yang berisi kelapa matang. Balur-balur deh tuh,” tuturnya.

Setelah itu, klepon siap disaiikan dalam keadaan hangat. Sudah pasti cemilan ini bisa di sajikan dikala aktivitas Anda ketika bekerja atau bersantai.

Ada beberapa pesan dari Chef Heri ketika menjelaskan cara membuat klepon ini. “Jangan gunakan air panas ketika membuat adonan, karena tepung ketan ketika bertemu air panas akan susah dibentuk. Tapi gunakanlah air dingin agar mempermudah membuat adonan klepon tersebut,” jelasnya.

Jadi. Siapa yang mau mencicipi klepon buatan Chef Heri, datang aja di acara ‘Ayo Makan’, ada banyak hidangan yang disajikan disana. (Cr-3)

Cara membuat klepon

Berikut cara membuat klepon lengkap dengan bahan dan juga lengkah-langkahnya.

Bahan:

1.   Tepung beras ketan 250 g

2.   Tepung beras 50 g

3.   Air mineral 1350 ml

4.   Daun pandan secukupnya

5.   Garam 1 sdt

6.   Kelapa buah, parut kemudian kukus

7.   Gula merah secukupnya, sisir halus

8.   Gula pasir 3 sdm

 

Cara membuat klepon:

Siapkan wadah bersih untuk menguleni adonan.

Daun pandan yang sudah dibersihkan kemudian blender dengan 200 ml untuk dijadikan pewarna alami. Sisihkan.

Masukkan tepung beras ketan, tepung beras, dan garam. Aduk hingga tercampur sempurna.Tuang sedikit demi sedikit air pewarna, tuang sambil terus diaduk.Kemudian tuang sedikit demi sedikit air mineral 150 ml, tuang sambil terus diaduk. Jika adonan dirasa sudah cukup kental maka tidak perlu ditambahi air. Aduk hingga adonan hingga mencapai kekentalan yang pas untuk kemudian dibentuk dan diisi dengan gula merah.

1.   Ambil sedikit adonan, pipihkan, dan beri sedikit gula merah yang sudah disisir sebelumnya. Tidak usah terlalu banyak agar nanti ketika direbus tidak meluber keluar.

2.   Bentuk adonan menjadi bola-bola.

3.   Ulangi poin 6 dan 7 hingga adonan habis.

4.   Rebus 1 L air, tunggu hingga mendidih.

5.   Masukkan klepon yang sudah dibentuk. Tunggu hingga klepon mengapung.

6.   Sembari menunggu klepon matang, siapkan parutan kelapa. Campur parutan kelapa dengan gula pasir dan garam secukupnya. Sisihkan.

7.   Tiriskan klepon yang sudah mengapung. Lalu gulingkan atau taburi klepon dengan parutan kelapa.

8.   Klepon siap disajikan. Lebih enak dimakan selagi masih hangat.

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #kuliner #indoposmakan-makan 

Berita Terkait

Menu Tradisional di Hotel Berbintang

makanmakan

Mereguk Khasnya Citarasa Teh Specialty

Jakarta Raya

Berinovasi dengan Cokelat

makanmakan

IKLAN