Jumat, 21 September 2018 11:21 WIB
pmk

Jakarta Raya

Optimistis Masalah Kali Item Beres

Redaktur:

INDOPOS.CO.ID - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bersama Kementerian Lingkungan Hidup terus mengatasi bau yang muncul dari Kali Item. Pemasangan kain waring diyakini mampu mengurangi bau. Selain itu, pemasangan waring memberikan rasa nyaman saat dipandang mata.

“Apabila nano buble berfungsi baik, kadar oksigen dalam air akan naik, sehingga bau berkurang,” ujar Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan MR Karliansyah, Minggu (12/8).

Berdasarkan data dari penelitian Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), dua pekan lalu kadar oksigen di Kali Sentiong 0,07 bpm (beat per meter) dari kadar oksigen yang seharusnya 4 bpm. Namun setelah diberikan empat unit plasma nano buble kadar oksigennya naik menjadi 1,1 bpm.

“Setelah 2 jam 4 unit plasma nano buble, kadar oksigen naik menjadi 3,41 bpm,” ucapnya.

Ia menyebutkan, kadar oksigen yang baik sangat diperlukan bakteri, yang fungsinya untuk mengurai limbah di kali. Untuk membuat bersih, Kali Item membutuhkan oksigen yang cukup. Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, untuk mengurangi dampak buruk bagi lingkungan, maka pihaknya akan melakukan penutupan dan penguapan.

“Asian Games sebentar lagi, dan sedunia akan menyaksikan. Jadi kami buat langkah penutupan dan penguapan Kali Item, tujuannya untuk mengurangidampak yang ditimbulkan,” terangnya.

Anies optimistis, pada pelaksanaan Asian Games 2018 nanti, masalah bau Kali Item bisa diminimalisasi. Untuk upaya lain, masih ujar Anies pihaknya melakukan penjernihan air kali. “Kami tetap akan bersekan, apalagi ini sudah jadi warisan. Coba dari dulu sudah ditangani, tidak akan ada warisan Kali Item,” tegasnya. (nas)

 

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #pemprov-dki #kali-item 

Berita Terkait

Genjot Minat Baca Anak

Jakarta Raya

E-Tilang, Harus Transparan dan Tidak Tebang Pilih

Jakarta Raya

Pemprov DKI Dukung Penerapan e-Tilang

Jakarta Raya

Warga Kampung Bayam Minta Perhatian Pemprov DKI

Jakarta Raya

Tindak Tegas 52 PNS Koruptor DKI, Pemprov Bantah Data BKN

Jakarta Raya

IKLAN