Jumat, 16 November 2018 04:44 WIB
pmk

Nasional

Mau lihat Torch Relay Sambil Kuliner di Jakarta, Ini Pilihannya

Redaktur:

INDOPOS.CO.ID - Momentum Asian Games 2018 juga dimanfaatkan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) untuk mengedepankan kuliner. Wisata kuliner adalah daya tarik bagi wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia. Hal itu juga berlaku saat Kirab Obor Asian Games tiba di DKI Jakarta, 15 Agustus mendatang.

"Selain destinasi wisata, kuliner mempunyai peran strategis dalam memperkuat indentitas bangsa Indonesia di forum internasional. Jadi sambil menyambut Obor Asian Games di Jakarta, jangan lupa eksplore kuliner yang ada di Ibukota," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya, Minggu (12/8).

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, soal kuliner, pemerintah tidak ingin main-main menggarapnya. Potensinya sangat besar. Variannya masuk ke dalam tiga subsektor dalam industri kreatif yang memberikan sumbangan terbesar terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia.

“Tujuan utamanya untuk mendorong kuliner Nusantara siap tampil di pentas dunia. Tidak boleh kalah dari Thailand, Vietnam, dan Malaysia yang sudah lebih dahulu menggunakan rasa makanan sebagai alat promosi dan diplomasi pariwisata,” ujarnya.

Berikut 10 Kuliner dan Lokasi Kuliner Terbaik di Ibukota Jakarta versi Tripadvisor :

1. Laksa Betawi

Laksa Betawi adalah salah satu kuliner di Jakarta yang cukup populer. Laksa tak hanya dikenal di Indonesia, melainkan di Malaysia, Singapura, dan Thailand. Laksa Betawi tampak serupa dengan laksa lain dengan kuah berwarna kuning.

Berbeda dengan laksa Bogor yang menggunakan oncom, laksa Betawi justru menggunakan campuran udang rebon. Seporsi laksa Betawi berisi telur, tauge pendek, daun kemangi, kucai, dan ketupat. Sebagai pelengkap ada yang menambahkan bihun dan perkedel.

Laksa Betawi enak di Jakarta bisa di cari di Laksa Betawi Assirot, Jalan Assirot No 2, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

2. Lontong Sayur

Lontong sayur khas Betawi tidak jauh berbeda dengan lontong Medan atau lontong sayur Padang. Lontong sayur dahulu hanya disajikan ketika Hari Raya Idul Fitri atau Idul Adha. Namun kini, bisa dinikmati kapan saja, bahkan dijual di warung-warung makan khas Betawi.

Sayur utama yang digunakan, yaitu labu atau pepaya muda yang diiris kecil-kecil memanjang. Kuahnya dibuat dengan santan dan racikan bumbu. Kuliner di Jakarta ini disajikan dengan suwiran daging ayam dan kerupuk.

Lontong sayur Betawi di Jakarta bisa di cari di Kafe Betawi, Plaza Indonesia, Lantai 5 Jalan MH Thamrin, Thamrin, Jakarta Pusat. Atau di Ketupat Sayur Mandala, Jalan Mampang Raya dan di Rumah Makan Ketupat Sayur H.Mahmud, Jalan Raya Kebayoran Lama.

3. Soto Betawi

Soto Betawi mempunyai ciri khas tersendiri dibanding soto daerah lainnya. Yakni menggunakan daging sapi dan jeroan. Selain itu, kuah soto juga istimewa karena menggunakan santan dan susu. Soto Betawi biasa disajikan bersama irisan tomat, daun bawang, daun seledri, dan bawang goreng. Ditambah juga dengan acar, sambal, minyak samin, jeruk nipis, dan emping.

Soto Betawi Jakarta sendiri sangat mudah di cari, mulai di Soto Betawi Sambung Nikmat, Jalan Ciputat Raya No 2, Pondok Indah, Jakarta Selatan. Atau di Soto Betawi Afung, Gang Gloria, Glodok, Jakarta Barat. Hingga di Soto Betawi H. Ma'ruf, Jalan Cikini Raya No 73, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat.

4. Kerak Telor

Jajanan khas Betawi ini merupakan ikon kuliner di Jakarta. Kerak telor biasa dijajakan di pinggir jalan atau dijual secara berkeliling. Pembuatan kerak telor terbilang cepat, sehingga makanan ini sering dijumpai di arena festival seperti Pekan Raya Jakarta (PRJ). Makanan ini terbuat dari beras ketan, parutan kelapa, telur, ebi, dan bumbu.

Kerak telor enak di Jakarta umumnya bisa di jumpai di Bang Sape'I Kerak telor, Jalan Kebagusan III No 97 Pasar Minggu, RT. 2/RW. 5, Kebagusan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan. Atau di Kerak Telor Lenggang Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Dan di Kerak Telor Bang Aris, Pasaraya Grande, Dapuraya, Lt. Lower Ground, Jalan Iskandarsyah II No 2, Jakarta Selatan,

5. Nasi Uduk

Nasi Uduk merupakan makanan khas Betawi dengan bahan utama beras yang dimasak dengan santan, daun salam, daun jeruk, serai, dan lengkuas. Kuliner ini menghasilkan rasa gurih dan nikmat. Setelah masak, kuliner di Jakarta ini disajikan bersama aneka lauk seperti empal, ayam goreng, paru goreng, telur dadar, tempe, tahu, serta lalapan.

Nasi uduk enak di Jakarta bisa di jumpai di Nasi Uduk Gang Buni, Jalan Mangga Besar 1 No 42 C, Jakarta. Atau di RM Ayam Goreng dan Nasi Uduk "Sederhana" H. Saman, Jalan Joglo Raya, Kembangan, Jakarta Barat. Serta di Nasi Uduk Kebon Kacang Ibu Ida, Jalan Bintaro Utama No 8, Bintaro.

6. Café Batavia Kota Tua

Café Batavia yang beroperasi sejak tahun 1991 ini berada di bangunan bekas kantor administrasi VOC. Tempat makan di Jakarta ini menyajikan aneka hidangan Barat dan Asia. Tak hanya makanan yang lezat, suasana klasik dan mewah restoran ini akan memberi kesan tersendiri bagi pengunjung.

7. Tugu Kunstriking Paleis

Restoran mewah ini menempati sebuah bangunan kolonial yang dibangun pada tahun 1914 yaitu Nederlandsch-Indische Kunstkring of The Dutch East Indies atau Galeri Lingkar Seni Hindia Belanda. Sejak bulan April 2013, restoran ini mulai beroperasi di bawah bendera Hotel Tugu. Nuansa Eropa dan Jawa klasik sangat kental dalam dekorasi interior tempat makan di Jakarta ini.

Jenis masakan yang mereka tawarkan meliputi menu Indonesia dan peranakan yang ditulis dalam bahasa Mandarin, bahasa Belanda, dan bahasa Indonesia ejaan lama pada daftar menu. Restoran ini berada di Jalan Teuku Umar No 1, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat.

8. Ragusa

Kedai ice cream ini konon katanya sudah bersiri sejak tahun 1932 dan masih tetap mempertahankan cara pembuatannya. Bahkan mereka masih menggunakan mesin pembuat ice cream buatan asli Belanda.

Rasa ice creamnya light, ga terlalu manis & segar. Variasinya juga banyak jadi ga ngebosenin. Suasananya kental dengan suasana tempo dulu semakin menambah kesan saat memakan ice cream ini. Ragusa sendiri berada di Jalan Veteran no 1 Jakarta Pusat.

9. Pecenongan

Di jalan Pecenongan, Jakarta Pusat, kamu bisa menemukan  beraneka jajanan yang ditawarkan, baik siang maupun malam. Namun kamu akan menemukan semarak kuliner di jalan Pecenongan ini pada malam hari.

Bagi kamu yang sedang berada di Jakarta, jangan sampai melewatkan surge kuliner yang satu ini. Mulai dari seafood, Chinese food, dan masih banyak lagi. Bicara harga, kamu tidak akan dikecewakan berwisata kuliner di sini.

10. Roti Bakar Eddy

Bila kamu gemar makan roti, di Jakarta Selatan bisa kamu temukan tempat kuliner yang menyajikan beraneka ragam menu utama dari roti. Tempat kuliner yang satu ini bisa kamu jumpai di bilangan Jakarta Selatan khususnya Blok M, dan beberapa wilayah Jakarta lainnya, dengan nama Roti Bakar Eddy.

Bagi kamu pecinta keju, kamu tidak akan kecewa dengan roti bakar yang mereka sajikan. Kamu pasti akan puas dengan roti yang dibakar dan ditaburi keju dengan jumlah banyak. Ini akan semakin menggugah selera makan kamu tentunya. (lis/ags)


TOPIK BERITA TERKAIT: #pariwisata #kuliner 

Berita Terkait

Icip-Icip Citarasa Asia

Jakarta Raya

Menu Tradisional di Hotel Berbintang

makanmakan

Mereguk Khasnya Citarasa Teh Specialty

Jakarta Raya

IKLAN