Rabu, 21 November 2018 11:29 WIB
pmk

Liga Indonesia

Tatap Piala AFC, Timnas U-16 TC di Medan

Redaktur:

Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-16 usai menundukkan Thailand sekaligus menjadi juara AFF U-16 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Sabtu (11/8). Foto. DIPTA WAHYU/JAWA POS

INDOPOS.CO.ID – Target pertama Timnas Indonesia U-16 memang sudah tercapai. Yakni, jadi juara di Piala AFF U-16. Tapi, target tersebut pastinya tidak akan lengkap jika di Piala AFC U-16 yang akan berlangsung pada September mendatang gagal tercapai.

Dalam ajang tersebut, anak asuh Fakhri Husaini ditarget untuk tembus empat besar. Masuk ke semifinal. Jika itu terealisasi, maka dipastikan Bagus Kahfi dkk bakal melaju untuk kali pertama di Piala Dunia U-17 di Peru pada 2019 mendatang.

Meski baru juara, persiapan untuk menuju Piala AFC U-16 sudah dimatangkan. Seperti yang dikatakan oleh Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi. Dia menerangkan Tim Garuda Asia bakal mulai melakukan training camp jangka panjang pekan depan di Medan. ’’Full di Medan, nanti pada 10 September baru berangkat ke Kuala Lumpur,’’ ucapnya.

Nah, pemilihan Medan sendiri dimaksudkan agar Timnas U-16 bisa beradaptasi dengan cuaca. Edy mengatakan, host Piala AFC U-16 di Malaysia suhu udaranya tidak beda jauh dengan Medan. ’’Relatif sama kan kondisi udaranya, biar bisa beradaptasi dan tidak kaget,’’ jelasnya.

Secara pribadi, Edy berharap TC di Medan bisa membantu Timnas U-16 mewujudkan targetnya. Dia sangat yakin Tim U-16 bisa tembus ke Piala Dunia U-17 tahun depan. ’’Saya motivasi terus. Optimis, bagus mainnya,’’ ungkapnya.

Pemilihan Medan pun akhirnya memupuskan keinginan sang pelatih Fakhri Husaini yang ingin TC jangka panjang menuju Piala AFC U-16 dilakukan di Sidoarjo. Sambutan hangat dan sudah nyaman dengan suasana Kota Udang tersebut. apalagi, kenangan bisa juara juga jadi salah satu alasan lain Sidoarjo memberi keberuntungan kepada tim.

Edy sadar hal tersebut. Tapi, Piala AFC U-16 sudah dipastikan bakal jauh lebih berat dengan AFF U-16 yang sudah dijuarainya. Tantangannya sangat berat. Sebab, lawan-lawannya adalah negara seperti Jepang, Korea Selatan, Arab Saudi, Iran, dan Tiongkok.

’’Perlu  persiapan matang, lebih kompetitif. Saya berharap TC bisa membuat timnas jauh lebih sukses, mari doakan sama-sama,’’ harapnya.

Jadi juara di Piala AFF U-16 membuat beberapa pihak ingin memberikan apresiasi. Salah satunya adalah dari Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Rencananya, Kemenpora bakal memberikan kurang lebih Rp 1,5 Miliar untuk Timnas U-16.

Seperti yang dikatakan oleh Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Kemenpora Mulyana. Dia menjelaskan, pihaknya bakal memberikan dana tersebut bukan sebagai hadiah. Melainkan untuk persiapan menuju Piala AFC U-16.

Tapi, dia mengingatkan dana itu tidak serta merta langsung cair. Ada proses yang cukup panjang sebelum dana tersebut diberikan kepada Timnas U-16. ’’PSSI bisa mengajukan proposal terkait permintaan dana Rp 1,5 Miliar itu,’’ paparnya. (rid/jpg)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #timnas-indonesia 

Berita Terkait

Konsistensi Jadi Problem

Liga Indonesia

Gajah Putih Buat Indonesia Terpuruk

Headline

Panggung Pemain Keturunan

Indosport

Pesan Yanto Basna dan Ryuji Utomo

Liga Indonesia

Tiba di Bangkok, Timnas Indonesia Gelar Latihan Sore ini

Total Sport

IKLAN