Sabtu, 17 November 2018 06:27 WIB
pmk

Internasional

FBI Masih Cari Motif Si Pencuri Pesawat

Redaktur:

MENDIANG - Richard Russell semasa hidup. Foto : Istimewa

INDOPOS.CO.ID – Sampai saat ini FBI belum bisa menemukan alasan Richard Russell nekat mencuri pesawat kosong di Seattle. Motifnya masih gelap. Jumat (10/8) pria 29 tahun itu mengejutkan warga AS dengan mengendarai pesawat Bombardier Q400 dari Bandara Seattle. Selama satu jam Beebo –sapaan akrab Russell– bermanuver di angkasa sebelum akhirnya terbunuh saat pesawat jatuh di Pulau Ketron.

”Sampai saat ini kami percaya bahwa hanya dia yang ada di pesawat. Namun, tentu saja kami masih harus melakukan verifikasi di tempat kejadian,” ujar Jay Tabb, kepala Divisi FBI Seattle, kepada BBC. Horizon Air, perusahaan yang menaungi Beebo, menegaskan bahwa pekerjanya itu cakap. Dia bertugas di Seattle sebagai porter bagasi dan petugas pembersih pesawat. Sesekali dia juga ditugaskan untuk menderek pesawat ke garasi.

”Sepengetahuan kami, dia tak punya izin penerbang. Saya juga tidak tahu bagaimana dia paham menerbangkan pesawat,” ujar CEO Horizon Air Gary Beck. Berdasar rekaman pembicaraan terakhir Russell dengan menara kontrol bandara, tak ada kesan dia tertekan. Menurut The Guardian, hanya beberapa kalimat terakhir yang mengungkapkan kesedihan Russell. ”Banyak orang yang mencintai saya. Pasti mengecewakan kalau mereka mendengar saya melakukan hal ini,” kata Russell kala itu.

Selama dirayu petugas bandara, Beebo mengaku jago bermain game simulasi pesawat. Dia menunjukkan kemampuan itu lewat salto di udara dengan pesawat komersial tersebut. Sayang, setelah itu pesawat jatuh di pulau tersebut.

”Kami akan bertindak secara menyeluruh. Artinya, perlahan-lahan memeriksa tempat kejadian dan latar belakang pelaku serta melihat semua aspek dari insiden itu,” ungkap Jubir FBI Ayn S. Dietrich-Williams. FBI juga menggandeng komisi keselamatan penerbangan dalam investigasi tersebut.

Pensiunan Horizon Air Rick Christenson mengaku kaget dengan insiden tersebut. Menurut dia, Russell merupakan pria yang disukai pekerja lain. Dia pun berduka untuk keluarga yang ditinggalkan. (bil/c11/dos/jpg)


TOPIK BERITA TERKAIT: #pencurian #fbi 

Berita Terkait

Dua WNA Spesialis Minimarket Tertangkap

Jakarta Raya

FBI Limpahkan Kasus Sayoc ke Jaksa New York

Internasional

Dede Idol Berdalih Mencuri untuk Biayai Anak di Pesantren

Indotainment

Tujuh Tahun Diputus SMN, Dede Idol Malah Pilih Jadi Bandit

Indotainment

Terdesak Kebutuhan Hidup, Dede Idol Otaki Perampokan

Indotainment

Dede Pernah Jadi Idola di Panggung Indonesia Idol

Indotainment

IKLAN