Jakarta Raya

Gerakan Berbasis Masyarakat Turunkan Kebakaran di Permukiman

Redaktur:
Gerakan Berbasis Masyarakat Turunkan Kebakaran di Permukiman - Jakarta Raya

Foto : Istimewa

INDOPOS.CO.ID - Tak kurang dari 6500 warga Kecamatan Tambora dan Cengkareng yang menjadi anggota Satuan Tugas Pencegahan Kebakaran.  Mereka mendapatkan apresiasi dari Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat ) Provinsi DKI Jakarta  H. Subejo, pada Minggu (12/8/2018) lalu.

“Gerakan berbasis masyarakat seperti yang dilakukan warga Tambora dan Cengkareng ini sangat efektif mencegah, menanggulangi kebakaran. Di Tambora sekarang, jika terjadi kebakaran, luasan pemukiman yang terbakar semakin menurun,“ terang H. Subejo di hadapan peserta Lomba Ketangkasan Kebakaran antar Satgas dalam rangka memperingati HUT RI ke-73 yang berlangsung di Lapangan Kantor Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Minggu (12/8).

Lomba Ketangkasan Antar Satgas Pencegahan Kebakaran ini adalah yang ke empat kalinya diselenggarakan atas kerjasama Djarum Foundation dengan Dinas Gulkarmat DKI Jakarta. “Lomba ini bertujuan melatih anggota satgas untuk senantiasa tanggap, waspada dan cekatan dalam upaya pencegahan dan pemadaman api, “ ungkap Program Manager Bakti Sosial Djarum Foundation, Budi Darmawan.

 Pertandingan meliputi koordinasi regu, ketrampilan memadamkan api dengan Alat Pemadam Api serta karung basah. Perlombaan ini diikuti oleh Satgas yang telah mendapatkan pelatihan di Kecamatan Tambora dan Cengkareng, Jakarta Barat. Kegiatan seperti ini sudah digelar  Djarum Foundation dengan Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, dan  Disaster Tambora sejak  2012 lalu.

“Hingga Mei 2018, pelatihan telah mencakup 93 RW di Kecamatan Tambora dan 11 RW di Kecamatan Cengkareng. Pelatihannya meliputi kelistrikan dan kompor, serta melatih pemadaman dengan karung basah dan alat pemadam api ringan. Selain pelatihan tersebut, Djarum Foundation juga telah menyumbangkan 1.112 Alat Pemadam Api Ringan (APAR), 103 Alat Pemadam Api Berat (APAB) dan 600 Selimut tahan panas,” pungkasnya. (Srv/Akbar) 

 

Berita Terkait

Nasional / Riau Siaga Darurat Kebakaran hingga Oktober 2019

Megapolitan / Toko Bangunan di Cilandak Ludes Terbakar

Jakarta Raya / 250 Rumah Permukiman Padat Penduduk Ludes Dilalap Api

Internasional / Inggris Butuh 3,1 Juta Rumah Sosial


Baca Juga !.