Rabu, 19 September 2018 08:27 WIB
pmk

Banten Raya

Kampung Reforma Agraria Berdiri di Pandeglang

Redaktur: Redjo Prahananda

Kakanwil BPN Banten, Andi Tenri Abeng dan Bupati Pandeglang, Irna Narulita di Kampung Reforma Agraria,Tanjung Lesung,Kabupaten Pandeglang

INDOPOS.CO.ID - Ratusan penggarap di lahan eks Hak Guna Usaha (HGU) seluas 48,7 hektare di Desa Mekarsari, Tanjung Lesung, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, mendapatkan sertifikat tanah dari BPN Banten dalam program reforma agraria melalui konsolidasi tanah.

“Kampung agraria ini bentuk komitmen dan perhatian pemerintah,dengan memberikan tanah masing masing seluas 200 meter berikut sertifikat kepada masyarakat penggarap di lahan eks HGU, dalam program reformasi Agraria melalui konsolidasi tanah,” terang Kakanwil BPN Banten, Andi Tenri Abeng didampingi Bupati Pandeglang, Irna Narulita kepada INDOPOS di Tanjung Lesung,Selasa(14/8/2018).

Abeng berjanji, mempercepat proses penerbitan sertifikat tanah sebanyak 225 bidang untuk masyarakat penggarap lahan eks HGU tersebut, agar masyarakat nantinya memiliki bukti sah kepemilikan tanah dan dapat dijaminkan ke bank untuk modal usaha.

"Harapan saya,kampung ini cepat berkembang dan sertifikat segera diterbitkan, setelah semua administrasi dilengkapi. Tujuannya, nanti setelah sertifikat ini terbit bisa dibangun bangunan fisik dan infrastruktur untuk mendukung pariwisata pada lahan ini, sehingga nanti bisa dikelola bersama oleh warga yang memiliki hak ini," tutur Abeng.

Abeng menambahkan, bantuan sertifikasi tanah melalui konsolidasi tanah ini merupakan program Presiden RI Joko Widodo yang dilaksanakan oleh BPN.”Upaya ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap masyarakat,” cetusnya.

Sementara Bupati Pandeglang Irna Narulita menyambut gembira penerbitan sertifikat tanah bagi masyarakat di lahan eks HGU yang sudah habis ijinnya sejak tahun 1975 lalu tersebut.

"Kami menyambut gembirapemberikan sertifikat itu, karena memberikan kepastian kepemilikan atas lahan itu bagi masyarakat.Dulu begitu susahnya masyarakat untuk mendapatkan sertipikat.Namun,di pemerintahan Jokowi ini semuanya menjadi mudah,” kata Irna yang juga ketua partai Demokrat Pandeglang ini dihadapan ratusan warga yang mendapatkan hak atas tanah eks HGU tersebut.

"Atas nama masyarakat dan pemerintah Kabupaten Pandeglang, saya memberikan apresiasi tinggi kepadaBPN, karena dengan diberikann sertifikat ini maka memperkuat hak kepemilikan tanah itu oleh warga,"sambungnya.

Menurut Irna, nantinya Kampung Reforma Agraria Desa Mekarsari akan dilintasi oleh tol Serang-Panimbang, dan ribuan wasatawan akan datang setiap minggu ke Tanjung Lesung,sehingga masyarakat harus mampu menangkappeluang usaha,dengan membuat oleh oleh khas Pandeglang untuk dijual kepada wisatawan yang berkunjung ke Tanjung Lesung.

“Warga Kampung Reforma Agraria Desa Mekarsari harus bisa menangkap peluang usaha.Nantinya,ribuan wisatawan akan datang berkunjung setiap minggu ke Tanjung Lesung, setelah selesai pembangunan tol Serang-Panimbang.Karena nanti dari Jakarta ke Tanjung Lesung hanya ditempuh selama 2 jam perjalanan, “ tutur Irna.(yas)


TOPIK BERITA TERKAIT: #kampung-reforma-agraria 

Berita Terkait

IKLAN