makanmakan

Nikmatnya Tongseng Kambing

Redaktur:
Nikmatnya Tongseng Kambing - makanmakan

Foto: Iwan Tri Wahyudi/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Siapa yang tak pernah mencoba makanan Tongseng? Masakan sejenis gulai, dengan bumbu yang lebih tajam ini cukup merakyat, biasanya terbuat dari daging kambing dan berkuah kental, ditambah dengan aroma bumbu yang kuat. Sajian kuah pedas yang enak disajikan hangat-hangat sehingga rasa pedasnya semakin mengigit.

Memegang estafet resep hingga hampir setengah abad bukan hal yang mudah, namun semua itu akhirnya berbuah pundi-pundi keuntungan,” Disiplin buat menjaga kualitas-kualitas bahannya. Kalaupun cabai naik turun tetep harus pedasnya sama, segitu-segitu aja," ujar Bekti .

Daging kambing yang dipilih pun juga yang segar, sehat, beriisi. Bumbu yang digunakan pun masih sama. Ia mengaku bisa menghabiskan lima kilogram cabai rawit dalam sehari untuk setiap hidangan. "kuah dimasak dengan bawang putih, brambang (bawang merah), cabe rawit besar, cabe hijau, salam, laos, pake santen dan kemiri," tuturnya.

setelah kuah matang dan beraroma harum. Kemudian daging beserta yang lainnya, ditumis dengan bawang putih, garam, lada. Selanjutnya masuklah kuah yang gurih itu kedalam tumisan daging. Akan lebih afdol lagi kalau dimasukan cabe rawit.

Jadilah hidangan tongseng campur ini. Oh iya, pengunjung juga bisa request untuk isinya, jadi tidak harus campur. Pokoknya makanan ini sangat lembut, gurih, pedas, manis, sedikit asin tapi enak banget. (cr3)

Berita Terkait

Lifestyle / FJB Perkenalkan Makanan Nusantara

makanmakan / Berburu Kuliner Halal di Krabi

Jakarta Raya / Makan Shabu-shabu Tanpa Ragu

wisata / Kuliner Jadi Salah Satu Pemikat Wisatawan

Ekonomi / Wisata Baru Gading Serpong


Baca Juga !.