Sabtu, 17 November 2018 06:27 WIB
pmk

Politik

IDI Pastikan 2 Pasang Capres-Cawapres Bisa Bertugas 5 Tahun ke Depan

Redaktur: Redjo Prahananda

Ketua KPU, Arief Budiman saat mengumumkan hasil tes kesehatan bakal Calon Presiden dan Wakil Presiden, di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (14/8/2018). Foto: Ismail Pohan/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Ketua PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI) , Ilham Oetama Masis memaparkan keberhasilan dua pasangan calon presiden dan wakil presiden, Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno lolos tes medis.

Dalam pemeriksaan kesehatan jasmani maupun rohani, dua pasanga tersebut harus melewati sekitar 16 sampai 18 tes, termasuk pemeriksaan neurologi behavior atau tes kepribadian.

“Kami menilai dengan temuan-temuan tersebut, bakal capres dan cawapres bisa menjalankan tugas sebagai Presiden dan Wakil Presiden selama 5 tahun ke depan,”ujar Ilham Oetama Marsis saat diwawancarai, di Gedung KPK, Jakarta, Selasa, (14/8/2018).

Mengenai kesehatan 2 pasangan tersebut secara keseluruhan, Ilham mengungkapkan, IDI memberikan batas toleransi kepada masing-masing pasangan calon

“Kalaupun kami misal mendapatkan beberapa temuan tetapi temuan tersebut bisa dikoreksi, diobati, dan ternyata mampu untuk menjalankan tugas selama 5 tahun, kami memberikan rekomendasi kepada KPU (untuk meloloskan pasangan tersebut),” papar Ilham.

Namun sesuai etika kedokteran, dilarang mempublikasikan hasil tes kesehatan dua pasang capres dan cawapres

“Temuan medis itu rahasia kami sebagai dokter tidak bisa kami berikan (umumkan). Terpenting, kedua Calon Presiden dan Wakil Presiden lulus persyaratan dan lolos tes kesehatan,” imbuhnya. (cr-1)


TOPIK BERITA TERKAIT: #idi #capres-cawapres #arief-budiman 

Berita Terkait

IKLAN