Selasa, 13 November 2018 06:14 WIB
pmk

Headline

Sandi Klarifikasi, Saut: Bukan Ranah KPK

Redaktur:

LAPOR - Calon wakil presiden Sandiaga Uno mendatangi Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) Jakarta, Selasa (14/8/2018). Sandiaga menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara ( LHKPN). Foto: Charlie/Indopos

INDOPOS.CO.ID – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang meluruskan anggapan yang menyebutkan bahwa dugaan pemberian mahar oleh Sandiaga S Uno kepada partai politik, harus diselesaikan oleh KPK. Lembaga anti rasuah itu menilai, itu menjadi ranah Bawaslu. Terlebih, jika pun benar terjadi, pemberian uang bukan dilakukan oleh pejabat negara kepada parpol. Bukan lembaga pemerintahan. 

“Saya rasa, ini ranahnya Bawaslu. Silahkan tanya Bawaslu. Bukan KPK,” kata Saut kepada wartawan, di gedung KPK, Selasa (14/8/2018).

Bakal calon wakil presiden Sandiaga Uno pun, Selasa (14/8/2018) mendatangi gedung KPK. Ia mengklarifikasi dugaan pemberian mahar politik kepada KPK. Dia menyampaikan bantahannya kepada Direktur Pendaftaran dan Pemeriksaan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Cahya Hardianto Harefa.

"Tadi saya sampaikan kepada Pak Cahya bahwa saya membantah dan menyatakan itu tidak benar," kata Sandi di Gedung KPK, Jakarta, Selasa, (14/8/2018).

Sandi menyampaikan bantahannya itu saat menyerahkan LHKPN kepada KPK sebagai syarat pendaftaran pemilihan presiden 2019. Dia memastikan akan terbuka dan transparan soal biaya kampanye. "Itu yang ingin kami sampaikan," kata dia.

Sebelumnya, tudingan Andi arief juga dibantah politikus Gerindra dan PAN. Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon mengatakan, tudingan itu tidak perlu dibahas.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan juga berpendapat senada. Zulkifli menyebut pernyataan Andi Arief itu sebagai berita bohong alias hoaks. PKS bahkan berencana melaporkan Andi Arief ke polisi.

Anggota tim pemenangan Prabowo - Sandiaga, Sudirman Said mengatakan, Sandiaga tidak akan memperkarakan Andi karena cuitannya. Sandi, kata dia, menganggap itu bagian dari dinamakan politik. "Saya pikir enggak (dilaporkan), kan koalisi," kata dia. (cr-3)


TOPIK BERITA TERKAIT: #pilpres-2019 #kpk #sandiaga-uno #menuju-istana-presiden 

Berita Terkait

IKLAN