Kamis, 20 September 2018 10:02 WIB
pmk

Internasional

Remaja AS Incar Kursi Gubernur

Redaktur:

Ethan Sonneborn. Foto : Istimewa

INDOPOS.CO.ID – Ethan Sonneborn bernyali besar. Meski baru berusia 14 tahun, bocah lelaki itu berani bersaing dengan tiga orang dewasa lainnya untuk memperebutkan tiket calon gubernur (cagub) dari Partai Demokrat. Jika sukses, dia bakal menjadi gubernur termuda Negara Bagian Vermont, Amerika Serikat (AS).

”Saya rasa penduduk Vermont harus menganggap serius pencalonan saya. Sebab, saya punya ide-ide berguna yang progresif dan kebetulan saja usia saya 14 tahun,” kata Sonneborn sebagaimana dilansir Associated Press kemarin (14/8). Untuk menggantikan Gubernur Phil Scott, dia mengusung isu reformasi kesehatan, ekonomi, dan pendidikan.

Memang banyak yang meragukan Sonneborn. Sebab, bocah itu bahkan belum memiliki hak suara di pemilu. Juga, belum punya surat izin mengemudi. Sonneborn baru saja lulus sekolah menengah dan akan masuk SMA.

Namun, Konstitusi Vermont tidak pernah membatasi usia cagub. Syaratnya hanya satu. Yakni, tinggal di Vermont selama empat tahun sebelum pemilihan gubernur (pilgub) dihelat. Sonneborn sudah tinggal di Vermont sepanjang hidupnya. Tentu saja, dia memenuhi syarat tersebut. (sha/c14/hep/jpg)


TOPIK BERITA TERKAIT: #pemilu-as 

Berita Terkait

IKLAN