Rabu, 19 September 2018 02:21 WIB
pmk

makanmakan

Rawon, Makanan Tradisional Tampilan Berkelas

Redaktur:

Foto: Zulhaidah Bahar/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Berbicara tentang makanan nusantara mungkin tidak ada habisnya. Indonesia yang kaya akan rempah-rempah, akan menampilkan berbagai macam makanan dari tiap daerah. Termasuk makanan dari Jawa Timur, yaitu Rawon.

Ibarat jodoh, rawon tidak akan pernah lengkap tanpa adanya sambal, tauge, bawang goreng, dan kerupuk. Rasa kuah yang agak manis akan membuat sup hitam ini menjadi lauk yang lezat. Aromanya yang sangat khas terpancar karena bumbu khusus yang bersal dari keluak.

Kali ini TIM INDOPOS mendapat info, kalau disalah satu restaurant yang ada di tengah kota Jakarta ini, menyajikan menu rawon dengan tampilan yang berbeda. Menu isi daging yang identik berkuah kental dan disajikan bersama nasi panas.

Ketika saya datang, langsung disambut oleh mba Nadya, ia merupakan Marketing Communication Fraser Hospitality. Dibimbing lah saya untuk menuju lift, dan kami naik ke lantai dua. Ketika pintu lift terbuka, kami langsung tertuju pada restaurant yang simple, tapi berkelas. Kami pun memilih untuk berbincang disudut pojok restaurant. Rasa tenang dan nyaman mewarnai suasana restaurant ini. “Fraser Resident di Jakarta ada tiga, kemang, setiabudi, dan sudirman,”  ucap Nadya membuka pembicaraan.

Ini bukan sekali saya bertemu dengan beliau, sebelumnya saya sudah pernah berkunjung kesalah satu restaurant fraser yang ada di kemang. Waktu itu pembukaan restaurantnnya. Banyak berbincang mengenai menu yang disajikan, apakah sama dengan restaurant yang ada di Fraser tersebut. “Tiap restaurant yang ada di Fraser berbeda-beda menunya,” jelasnya.

Tak lama kemudian, waiters/pelayan restaurant menyamperin kami dan menawarkan beberapa makanan/minuman, saya dan Nadya hanya memesan minuman saja. Lanjut Nadya apakah ingin mencicipi  hidangan spesial dan tentu terbaru. Ia pun pergi ke hot kitchen, kembalinya Nandya kami pun berbicara banyak mengenai menu-menu yang ada di restaurant lain.

Tak lama kemudian, pelayan datang membawakan makanan. Hmm apa ya ini? Tampilannya sedang, seperti steak, lalu ada sausnya juga. Eh, sausnya ada dua, warna hitam kecoklatan dan warna hijau. Bahkan tidak hanya itu, ada potongan telur, kecambah,  bawang putih, tomat kecil-kecil (tomat cery,red), dan kerupuk.

Setelah makanan datang, dibelakang pelayan munculnya seorang pria berbaju seragam koki. Saya pun berkenalan, namanya Maraden, dia Chef Incanto Restaurant. Belum lama ia bekerja disini, karena sebelum ia chef di hotel ternama dibilangan Jakarta.

Saya pun menanyakan menu apa ini, kenapa saya melihat ini seperti Rawon, hanya tanpa kuah. “Ia, ini Rawon, kami menyajikannya seperti steak. Sehingga nama menu ini Steak Rawon,” ucapnya.

Wow! Menarik. Saya pun akhirnya mulai memotong bagian dagingnya, sangat empuk ketika dipotong. Satu suapan daging saya gigit, terasa amat sangat lembut, manis, dan kenyal. Kemudian saya cocolkan saus yang berwarna hitam kecoklatan itu. Wah. Rasanya rawon banget. Kok bisa?  “Iya, ini kuah rawon, saya bikin lebih kental aja,” ucap Maraden.

Tidak cukup itu, saya pun melihat saus yang berwarna hijau. Ucap chef coba saja dulu biar tau rasanya. Ya, saya kira sausnya tidak begitu pedas sehingga saya mencocolnya tanpa ada tambahan lain. Tapi begitu dicoba, rasanya pedes banget. Pakai banget loh ya. Ini sambal Chef? “Itu sambal hijau, kita jadinya pure, jadi teksutrnya kental,” tuturnya.

Saya pun memotong kembali dagingnya dan mengkombinasikannya dengan kuah rawon dan sambal hijaunya. Rasanya sumpah enak banget. Empuk, manis, gurih, dan pedas. Tak cukup rasanya tanpa kerupuk. Eitz, biasanya rawon identik dengan kerupuk udang. Tapi disini menggunakan peyek. Ternyata di Incanto Restaurant menunya lebih banyak menggunakan peyek ketimbang kerupuk lainnya.

Saya pun menghabiskan hidangan steak rawon ini. Cocok banget bagi yang ingin berdiet. Karena pada umumnya, rawon disajikan dengan nasi. “Makanan tradisional ada dimana-dimana, jarang ditampilkan lebih berkelas. Sehingga bagaimana jika rawon disajikan dalam kalangan berkelas,” ucap Maraden.

Jadi, kalau kalian penasaran. Kunjungin Incanto Restaurat, berada didalam Fraser Resident Sudirman, Jakarta. (cr3)


TOPIK BERITA TERKAIT: #kuliner #indoposmakan-makan 

Berita Terkait

Makanan Khas Korea Merambah Lidah Pribumi

makanmakan

Makanan Khas Korea Merambah Lidah Pribumi

makanmakan

Ramen Hitam Bisa Jadi Pilihan

makanmakan

Ramen Hitam Bisa Jadi Pilihan

makanmakan

Godaan Kuah Pedas di Menya Musashi Bukotsu

makanmakan

Godaan Kuah Pedas di Menya Musashi Bukotsu

makanmakan

IKLAN