Selasa, 25 September 2018 06:35 WIB
pmk

Jakarta Raya

Belum Kantongi Izin, Uji Coba LRT Fase I Ditunda

Redaktur:

DITUNDA-Ujicoba LRT tertunda meski perhelatan Asian Games 2018 tinggal menghitung hari. Foto DOK INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Keinginan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk segera meresmikan light rail transit (LRT) fase pertama terpaksa harus ditunda. LRT yang memiliki rute Kelapa Gading-Velodrome seharusnya bisa dinikmati masyarakat menjelang pelaksanaan pesta olahraga Asian Games 2018 di Jakarta.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Andri Yansyah mengatakan, salah satu yang harus dipenuhi LRT sebelum diujicobakan adalah harus memiliki sertifikasi kelaikan dan rekomendasi uji coba. Dan itu dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan.

"Jadi Pemprov DKI masih menunggu itu. Kalau rekomendasi uji coba besok keluar, ya saya keluarkan izinnya," ujar Andri Yansyah di Jakarta, Senin (13/8).

Lebih jauh Andri menjelaskan, untuk mengeluarkan izin operasi Dishub membutuhkan dua dokumen, yakni sertifikasi dan rekomendasi uji coba. "Jadi bolanya tidak ada pada kami, tapi di Kemenhub," ucapnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Jakarta Propertindo Dwi Wahyu Daryoto menyebutkan, sertifikasi dari Kemenhub diperkirakan keluar hari ini (kemarin). Proses administrasi, menurutnya tinggal menunggu pengesahan dari bagian hukum Kemenhub.

"Kalau tandatangan sudah ada dari Direktur Jenderal Kereta Api (KA). Sertifikat LRT tinggal disahkan salinannya oleh bagian hukum," ungkapnya.

Perlu diketahui, seharusnya uji coba LRT fase pertama dengan rute Velodrome-Kelapa Gading rencananya dilakukan pada 10 Agustus. Namun, uji coba tersebut dibatalkan dengan alasan Kementerian Perhubungan belum mengeluarkan sertifikasi. Kini Pemprov DKI kembali menargetkan uji operasi LRT pada 15 Agustusmendatang. (nas)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #lrt-jakarta 

Berita Terkait

LRT Jakarta Siap 95 Persen

Jakarta Raya

DPRD DKI Serius Bentuk Pansus LRT Jakarta

Jakarta Raya

Dewan Serius Bentuk Pansus LRT Jakarta

Jakarta Raya

Crane Proyek LRT Jakarta Jatuh, Tiga Warga Luka-Luka

Jakarta Raya

IKLAN