Rabu, 14 November 2018 07:55 WIB
pmk

Lifestyle

Moms, Hempaskan Gadget dari Anak

Redaktur:

INDOPOS.CO.ID - Orangtua perlu disiplin menerapkan aturan penggunaan ponsel bagi buah hati. Hal itu diperlukan, agar anak tetap punya waktu mengembangkan jiwa sosialnya dengan bermain.

Penulis buku ”Screen Time” Tascha Liudmila mengaku mendapat ide menulis cerita dari kegiatan anak sehari-hari. Wanita yang juga berprofesi sebagai anchor pada sebuah televisi swasta itu mengaku sudah menerapkan faktor keseimbangan dalam hidup.

"Sebagai orangtua adalah tanggungjawab kita untuk membuat anak-anak tertarik pada aspek kehidupan sosial," jelasnya dalam kegiatan Beyond Screen Production & Traveloka ”Ciptakan Momen Kebersamaan Keluarga Melalui Funtopia: Arena Balon Bermain Pertama dan Terbesar di Indonesia”  di Jakarta, Selasa (14/8). Menurutnya, dalam proses tumbuh kembang anak, televisi dan gadget adalah musuh bersama.

Memang, gen Z tidak bisa dipisahkan dari gadget. Tapi jika berlebih akan menyebabkan efek negatif.

Sebab, lanjut dia, anak yang sudah addict terhadap gadget akan mengalami hambatan dalam tumbuh kembangnya. Hasil riset UNICEF bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika tahun 2014 menunjukkan, bahwa 30 juta anak dan remaja Indonesia sudah menggunakan internet secara intens hingga 5 jam sehari.

Penelitian dalam jurnal Global Pediatric Health menunjukkan, bahwa penggunaan perangkat teknologi selama berjam-jam berpotensi mengganggu kualitas tidur dan nutrisi anak.  Tingginya interaksi dengan layar pada siang hari tidak memungkinkan mereka untuk cukup bergerak dan aktif secara fisik.

Pada akhirnya inilah yang bisa mengganggu kemampuan anak untuk mengatasi masalah, bergerak, berpikir, dan berkegiatan. Dia menyarankan, sebaiknya anak usia dibawah 2 tahun jangan diberikan gadget.

Sedangkan anak diatas 2-5 tahun ada batasan 1 jam bermain gadget. Begitu juga anak diusia 6 tahun harus ada batasannya. 

Maka itu, sambungnya, dibutuhkan kreativitas dari para orangtua. "Selain memperbanyak aktivitas fisik di luar ruangan, orangtua juga bisa membacakan buku cerita,” ungkapnya.

Sadar pentingnya kebutuhan bermain pada anak, CEO dan Founder Beyond Screen Production Mia Lukmanto pun menawarkan arena bermain balon terbesar di Indonesia. Mereka mengajak anak-anak bermain di arena Funtopia.

Maka itu, bekerja sama dengan Traveloka, pihaknya menggelar Funtopia di Bintaro X Change pada 17-30 Agustus mendatang.

"Siapkan diri untuk bermain dan jangan bawa HP ya. Silakan anak-anak bermain di wahana itu sepuasnya selama 2,5 jam,” tutup Mia. (ibl) 

 

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #funtopia #anak-anak 

Berita Terkait

Tata Gang Ramah Anak

Jakarta Raya

Moms, Picky Eater Berisiko Stunting Lho

Jakarta Raya

Yuk, Ajak Anak Bermain

Lifestyle

Cerianya Anak-Anak, Kompak Gosok Gigi

Jakarta Raya

IKLAN