Minggu, 23 September 2018 03:36 WIB
pmk

Jakarta Raya

Ini Alat Pemandu Cerdas Peserta Asian Games

Redaktur:

PERSIAPAN KELAR-TMII menyiapkan alat pemandu cerdas peserta Asian Games. Foto DOK INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Pelaksanaan Asian Games 2018 diselenggarakan di Jakarta dan Palembang. Menjadi tuan rumah, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sudah menyiapkan fasilitas berupa venue pertandingan. Ada beberapa venue berada di Kota Bekasi, selain tersebar di wilayah Jakarta.

“Ada dua venue di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Venue ini ada di padepokan pencak silat dan teater Garuda. Dan kedua venue sudah rampung 100 persen,” beber Direktur Utama TMII Tanri Balilamo di kantornya, Selasa (14/8).

Untuk menjaga mobilitas atlet dari wisma atlet ke venue pertandingan, menurut Tanri, TMII memberikan pengawalan dari Patung Garuda hingga venue. Selain itu, semua anjungan daerah di TMII menjaga jalan tetap steril. Sedikitnya ada 4 ribu peserta Asian Games dari 10 negara akan berkunjung ke TMII.

“Kami juga memberlakukan tiket gratis untuk semua peserta Asian Games. Baik itu atlet, official dan media, selama penyelenggaraan Asian Games,” ujarnya.

Lebih jauh Tanri mengungkapkan, obor Asian Games 2018 rencananya akan singgah di TMII. Rangkaian ini merupakan proses serah terima obor dari Jakarta Timur ke Jakarta Selatan. Beberapa persiapan, menurutnya akan dilakukan sejak obor berada di wilayah Kramatjati, Jakarta Timur. 

“Ada 10 etape dari Kramatjati hingga TMII. Besok (hari ini) ada 5 ribu pelajar yang turut menyambut obor Asian Games,” terangnya.

Untuk memudahkan memberikan informasi kepada peserta Asian Games dan wisatawan mancanegara, masih ujar Tanri TMII menyiapkan alat pemandu cerdas. Alat ini berupa gawai bernama Smart Guide.

Di tempat yang sama, Perwakilan dari PT Citra Mustika Nurdin Purnomo menjelaskan, bahwa perangkat tersebut akan membantu wisatawan mendapatkan informasi seputar TMII. Dalam alat pemandu cedas ini terdapat tujuh bahasa Internasional, yang memudahkan wisawatan asing mendapat informasi.

“Jadi kita berpikir nanti Asian Games para tamu yang rata-rata pesertanya main ke TMII. Begitu di pintu gerbang akan dipinjamkan Smart Guide. Ketika mereka melintas ke anjungan misal Anjungan Aceh ya nanti Smart Guide akan memberikan informasi tersebut,” ujarnya.

Target keseluruhan ada 3.000 unit yang akan digunakan untuk memanjakan peserta Asian Games yang berlibur di TMII. Program ini, menurutnya bagian dari Pemprov DKI untuk menyiapkan tiga wisata bagi peserta Asian Games.

“Untuk saat ini baru ada 200 unit. Nantinya keseluruhan 3 ribu unit. Ini pertama di Indonesia ya,” ungkapnya.

Perlu diketahui, perangkat Smart Guide memiliki ukuran sekira 3 inch. Di dalamnya baru ada dua dari tujuh bahasa yakni bahasa Inggris dan Cina. Cara kerja gawai tersebut yakni pengunjung menggunakan headset yang tersambung dan berjalan menuju anjungan atau wahana. Maka alat itu akan memberikan informasi tempat yang dituju. (nas)

 

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #asian-games-2018 #tmii 

Berita Terkait

Danone AQUA Sebarkan Semangat Kebaikan Pasca Asian Games

Indobisnis

Sukses Karate di Asian Games untuk Modal ke Tokyo

Total Sport

Christo Akui Lebih Nyaman Bersama Aldila

Total Sport

IKLAN