Selasa, 25 September 2018 12:37 WIB
pmk

Jakarta Raya

Imbau Masyarakat Sadar Pentingnya Energi Surya

Redaktur:

SMART GREEN CITY-Jakarta diharapkan menjadi kota yang ramah lingkungan dan energi. Foto DOK INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus mendorong terwujudnya Jakarta Smart Green City. Melibatkan PT Berau Coal dan PT Surya Utama Nuansa, Pemprov DKI melakukan kerja sama dalam penyediaan Pengisian Listrik Bertenaga Surya (solar charging station).

“Kerja sama ini bertujuan untuk mensukseskan Jakarta Smart Green City dan perhelatan Asian Games yang ke 18 di Jakarta,” ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Jakarta, Selasa (14/8).

Rencananya, Stasiun Pengisian Listrik Bertenaga Surya (Solar Charging Station) yang berkapasitas 200Watt Peak yang mampu mengisi sampai dengan 90 Handphone perharinya (2/3 dari kapasitas baterai Handphone). Stasiun juga mampu beroperasi dalam keadaan hujan dan mendung, dengan cadangan energi memadai untuk 2 hari penggunaan.

“Kita apresiasi pembangunan stasiun pengisian listrik bertenaga surya (Solar Charging Station) di 32 titik di Jakarta ini,” ungkap Anies.

Dia menuturkan, berkedudukan di wilayah tropis, Indonesia khususnya Jakarta memiliki sumber energi yang tidak bisa tergantikan yaitu sinar matahari. Namun, selama ini energi yang ramah lingkungan tidak dimanfaatkan secara optimal. “Ini (energi baru terbarukan) kan sangat sayang kalau tidak kita gunakan,” katanya.

Ia berharap, pemanfaatan 32 stasiun pengisian listrik bertenaga surya (Solar Charging Station) oleh masyarakat DKI, menjadi simbol kesadaran masyarakat bagaimana pentingnya energi baru terbarukan untuk handphone. “Sebenarnya bukan soal dapat power untuk handphone-nya. Tapi bagaimana kesadaran masyarakat bahwa energi untuk handphone ini berasal dari tenaga surya,” ucapnya. (nas)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #energi-surya #pemprov-dki #jakarta-smart-green-city 

Berita Terkait

Genjot Minat Baca Anak

Jakarta Raya

E-Tilang, Harus Transparan dan Tidak Tebang Pilih

Jakarta Raya

Pemprov DKI Dukung Penerapan e-Tilang

Jakarta Raya

Warga Kampung Bayam Minta Perhatian Pemprov DKI

Jakarta Raya

Tindak Tegas 52 PNS Koruptor DKI, Pemprov Bantah Data BKN

Jakarta Raya

IKLAN