Nasional

Ringankan Beban Korban Gempa Lombok, Pertamina Alirkan Bantuan

Redaktur: Redjo Prahananda
Ringankan Beban Korban Gempa Lombok, Pertamina Alirkan Bantuan - Nasional

PEDULI-Plt Dirut Pertamina Nicke Widyawati saat mengunjungi korban gempa di pengungsian Dusun Terengan Tanak Ampar, Desa Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, NTB, (14/8/2018). Foto: Humas Pertamina

INDOPOS.CO.ID - Tak hanya mengurusi soal minyak dan gas (migas), PT Pertamina (Persero) juga turut meringankan beban para korban gempa di Nusa Tenggara Barat (NTB). Bahkan, berbagai bantuan yang diberikan BUMN migas ini disambut warga dengan suka cita. Ini termasuk di antaranya yang diberikan di salah satu titik terbanyak pengungsi, yaitu Dusun Terengan Tanak Ampar, Desa Pemenang, Kabupaten Lombok Utara.

Farhanuddin, kepala desa setempat mengaku bersyukur banyak pihak, termasuk Pertamina yang peduli terhadap korban gempa di Lombok. ”Alhamdulillah kami diberikan dapur umum, sembako, MCK, dan lain-lain yang tidak bisa kami sebutkan satu per satu. Kepada perwakilan dan Direksi Pertamina sekaligus semua karyawan, saya mewakili warga Dusun Terengan Tanah Ampar mengucapkan ribuan terima kasih atas bantuan yang telah bapak dan ibu berikan. Semoga Allah memberikan yang terbaik kepada Pertamina,” katanya di lokasi pengungsian.

Menurut Farhanuddin, warga memang sangat membutuhkan uluran tangan. Terlebih dari desa tersebut menjadi salah satu titik pengungsi paling banyak, yaitu 2.700 orang. ”Memang melihat banyaknya pengungsi, bantuan tersebut belum bisa dianggap mencukupi. Tapi tetap saja harus disyukuri dan dinilai sangat bermafaat,” ujarnya.

Bantuan Pertamina sendiri memang terus mengalir ke berbagai titik pengungsian di Lombok. Beberapa bantuan yang diberikan antara lain bahan bakar minyak jenis Solar sebanyak 5.000 liter, yang masing-masing 2.500 liter untuk Posko Darurat Pemenang, dan 2.500 liter untuk Posko Darurat Tanjung. Bantuan tersebut, ditujukan agar operasional Posko terus berjalan.

Selain BBM, Pertamina juga memberikan bantuan bahan bakar gas, Pertamina yakni Bright Gas kemasan 12 kg sebanyak 50 tabung, Bright Gas kemasan 5.5 kg sebanyak 50 tabung. Bantuan ini dibagi di beberapa lokasi yakni 14 tabung di Dapur Umum PLN, 5 tabung di Dapur Umum TNI, 20 tabung di Posko Tanjung, 20 tabung di Posko Kahayangan, 20 tabung di Posko Gangga, dan 21 tabung di Posko Pemenang (Dapur Umum Pertamina).

Plt Direktur Utama (Dirut) Pertamina Nicke Widyawati menyempatkan diri mengunjungi korban gempa di pengungsian, sekaligus memantau operasi penyaluran BBM dan LPG serta penyerahan bantuan meliputi logistik berupa sembako, makanan bayi dan ibu menyusui, pakaian serta selimut.

”Kami ingin datang langsung ke sini (Lombok Utara, Red) bertemu dengan masyarakat yang terkena dampak bencana untuk memberikan support supaya semuanya tetap semangat, tetap positif. Saya senang sekali, di sini pemudanya berinisiatif mengerjakan langsung semuanya secara mandiri, sehingga untuk makan dan semuanya sudah organize. Ini contoh yang bagus. Bila dicontoh desa lain tentu akan sangat baik,” ujarnya, Selasa (14/8/2018). (uji/jpc/adl/aro)

Berita Terkait

Nasional / Gempa 6,3 SR Guncang Kota Manado

Headline / Komisaris Pertamina Saling Lempar

Nasional / Ini Tips Aman Gunakan LPG dari Pertamina

Headline / Desak BPK dan KPK Turun

Nasional / Didemo, PT GUN Akhirnya Realisasikan Bantuan

Headline / Pertamina Condong Main Paksa


Baca Juga !.