Rabu, 26 September 2018 03:57 WIB
pmk

Lifestyle

Transfer Energi ke Penikmat Seni

Redaktur:

UNIK-Berbagai karya seniman tanah air bertajuk "Energi Seni: Fine Art Exhibition" sukses membuat decak kagum pengunjung. Foto: IWAN TRI WAHYUDI/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Sedikitnya 40 karya seni dipamerkan. Dari mulai lukisan, patung, instalasi, hingga pertunjukkan seni digelar pada 11-19 Agustus di Function Hall, Plaza Indonesia, Jakpus.

Pameran bertajuk "Energi Seni: Fine Art Exhibition” itu digelar dalam rangka HUT ke-73 Republik Indonesia. Tidak hanya menampilkan keindahan dalam karya-karyanya semata, tapi juga bertujuan transfer energi kepada seluruh penikmat seni.  

Sesuai dengan tema pameran, bahwa pengunjung yang datang diharapkan bisa mendapatkan wawasan, pengetahuan, emosi, cinta, dan pengharapan. Pameran ini juga diharapkan secara tidak langsung menjadi medium positif menciptakan komunikasi antarsesama dan lingkungan.

"Pada pameran ini, saya melihat bahwa energi positif itu datangnya dari sebuah karya seni yang memesona secara visual. Energi positif inilah yang pada akhirnya memiliki peran untuk membangun komunikasi antar sesama di tengah berbagai polemik baik dari politik, ras, atau agama," ucap Suwarno Wisetrotomo, yang bertindak sebagai kurator.

Oleh karena itu, konsep lintas generasi yang dipilih bersama Plaza Indonesia kali ini merupakan cara untuk memberikan pemahaman dalam sebuah persoalan di masyarakat. "Setiap seniman hadir dengan cerita dan karakter seni yang berbeda," urainya.

Seperti Djoko Pekik (1938), melalui lukisannya mencoba untuk memperlihatkan kondisi sosial-politik yang penuh ketegangan secara kritis. Kemudian ada Ong Hari Wahyu (1958) yang menyuarakan perkara sosial politik dengan visualisasi digital dan tradisional. 

Berbeda lagi dengan Erianto (1983) yang cenderung membahas isu-isu dengan cara santai. General Manager Marketing PT Plaza Indonesia Realty, Tbk Zamri Mamat menambahkan, melalui kegiatan seni itu, pihaknya ingin menjembatani komunikasi antara seniman dengan pengunjung.

"Sekaligus membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap seni," ucapnya. (cr3)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #pameran 

Berita Terkait

IKLAN