Senin, 24 September 2018 05:04 WIB
pmk

Banten Raya

Puluhan Tahun Rohman Tinggal di Rumah Tak Layak Huni

Redaktur:

Foto : Ilustrasi

INDOPOS.CO.ID- 73 tahun sudah Negara Republik Indonesia terlepas dari belenggu penjajahan, akan tetapi momen kebebasan dan kemerdekaan itu tak dirasakan Rohman dan keluarga.

Pasangan keluarga kurang mampu, Rohman  (35) dan Misnah (30), warga Kampung Cibuah Jami, Desa Cibuah, Kecamatan Warunggunung, Kabupaten Lebak ,saat ini masih menetap di rumah tidak layak huni (RTLH) dan butuh perhatian Pemkab setempat.

"Sudah 10 tahun saya tinggal disini bersama istri dan mertua serta kedua anak saya" kata Rohman kepada wartawan saat ditemui di Rumahnya Kamis (16/8/ 2018).

Rohman, yang kesehariannya bekerja sebagai buruh tani dan kuli serabutan ini  mengaku, kesulitan untuk biaya hidup sehari-hari. Bahkan, rumah yang ditempati bersama keluarga saat ini, nyaris roboh

"Sebenarnya, sudah lama kami ingin memperbaiki rumah. Tapi tak ada biaya. Sebagai buruh tani dan kuli serabutan penghasilan saya tidak menentu, sehari paling dapat uang 20 sampai 25 ribu, itu juga kadang dapat kadang tidak. ," ungkapnya dengan mata berkaca-kaca.

Menurut Misnah, istri Rohman kekhawatiran pihak keluarga terhadap rumah roboh kerap terjadi, terlebih disaat hujan lebat atau angin kencang.

" Saya takut kang kalau ada hujan atau angin besar, air masuk kedalam rumah. Apalagi kalau ada angin besar takut rumaha roboh." tutur Misnah
 
Sementara itu Heri Juheri Tokoh Masyarak setempat mengungkapkan. Harusnya hal - hal seperti ini harus menjadi tanggung jawab pemerintah. 

" Kan banyak program-program dari pemerintah baik pusat atau pun daerah untuk menanggulangi orang-orang seperti Rohman. Saya kasian lihatnya. Tolonglah kepada pemerintah atau. lembaga-lembaga sosial lainnya dapat membantu keluarga Rohman," pintanya (yas)


TOPIK BERITA TERKAIT: #rumah-tak-layak-huni #kabupaten-lebak 

Berita Terkait

IKLAN