Jumat, 16 November 2018 02:18 WIB
pmk

Nasional

Ini Alasan Komjen Ari Dono Ditunjuk sebagai Wakapolri

Redaktur: Ali Rahman

Upacara pelantikan Komjen Ari Dono sebagai Wakapolri dan Irjen Arief Sulityanto sebagai Kabareskrim di Rupatama Mabes Polro, Jumat (17/8/2018). Foto: Yudha Krastawan/INDOPOS.

INDOPOS.CO.ID - Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengungkapkan sejumlah alasan Komjen Ari Dono ditunjuk sebagai Wakapolri. Menurutnya, Komjen Ari Dono mempunyai track record yang bagus selama berkarir di Kepolisian RI, khususnya selama menjabat sebagai Kapolda Sulawesi Tengah dan Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri.

"Alasannya kita melihat dia cukup berhasil di berbagai tugas yang diberikan, waktu di Polda Sulteng, kemudian juga sebagai Kabareskrim sudah cukup bagus," kata Tito usai memimpin pelantikan dan pengambilan sumpah Komjen Ari Dono sebagai Wakapolri di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jumat (17/8/2018).

Komjen Ari Dono juga dianggap sukses menjaga stabilitas pangan saat dipercaya membentuk Satuan Tugas (Satgas) Pangan bersama instansi terkait lainnya. Secara leadership, Komjen Ari Dono juga mampu memberikan manajemen yang baik kepada korpsnya. "Beliau termasuk yang cool, tenang dan saya pikir akan menjadi partner yang baik untuk mendukung tugas-tugas saya sebagai Kapolri," sambung Tito.

Meski demikian, Tito tak mau gegabah dalam menunjuk orang nomor dua di institusinya itu. Buktinya, ia tetap mengusulkan Komjen Ari Dono beserta sejumlah nama-nama perwira tinggi lainnya kepada Presiden Joko Widodo.

"Pak Ari dono sebagai Wakapolri sudah diperhitungkan kehematan dan saya juga sudah mengkonsultasikan kepada bapak Presiden selama dua hari ini. Kemudian memang dari beberapa nama yang saya sampaikan, kemudian beliau (Presiden) setelah saya berikan masukan juga maka diputuskan untuk Pak Ari dono sebagai Wakapolri," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Komjen Ari Dono dilantik dan diambil sumpah oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Rupatama Mabes Polri, Jumat (17/8/2018). Pelantikan ini terbilang mendadak guna mencegah kekosongan jabatan Wakapolri pasca diangkatnya Komjen Syafruddin sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Jabatan Komjen Ari Dono sebagai Kabareskrim kini sudah digantikan oleh Irjen Arief Sulistyanto yang juga dilantik hari ini. (ydh)


TOPIK BERITA TERKAIT: #kapolri-jenderal-tito-karnavian #komjen-ari-dono #wakapolri-baru 

Berita Terkait

IKLAN