Rabu, 14 November 2018 03:38 WIB
pmk

Nasional

Jokowi Inspektur Upacara, SBY Absen dan Bamsoet Baca Teks Proklamasi

Redaktur: Ali Rahman

Upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (17/8/2018).

INDOPOS.CO.ID - Upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 di Istana Merdeka, Jakarta berjalan sukses, Jumat (17/8/2018). Walaupun, Presiden ke-6 RI, Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) tak menghadiri acara sakral tersebut.

Pantauan, Presiden Joko Widodo selaku inspektur upacara dan Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo pembaca teks proklamasi. Hadir pula Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri, Presiden ke-3, BJ Habibie, Wakil Presiden ke-6, Try Sutrisno dan Wakil Presiden ke-9, Hamzah Haz serta Wakil Presiden ke-11, Boediono. Nampak pula terlihat istri Presiden ke-4, Abdurrahman Wahid, Sinta Nuriyah.

Sejak lengser dari posisi presiden dan digantikan Jokowi pada 2014, Ketua Umum Partai Demokrat itu memang selalu absen dalam upacara kemerdekaan di Istana atau pun sidang tahunan MPR, DPR dan DPD di Kompleks Parlemen, Senayan. Namun, hanya satu kali SBY sempat menghadiri peringatan kemerdekaan di Istana pada 2017 lalu. Ia datang bersama istrinya, Ani Yudhoyono, serta kedua anaknya, Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono.

Diketahui, terdapat 6.250 tamu undangan yang hadir dalam upacara ini. "Sebanyak 35 persen pejabat negara (termasuk lembaga negara, TNI, Polri, red) dan duta besar negara sahabat dan 65 persen masyarakat," kata Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmuddin kepada wartawan, Jumat (17/8/2018).

Sebelum upacara dimulai, tamu undangan disuguhkan dengan tarian kolosal dan atraksi permainan angklung. Upacara diawali dengan kirab pembawa Bendera Pusaka dan Naskah Proklamasi dari Monas menuju Istana Merdeka. Upacara detik-detik proklamasi akan ditandai dengan 17 kali tembakan meriam dan sirine.

Upacara dilanjutkan dengan pembacaan naskah Proklamasi oleh Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet). Pengibaran bendera pusaka kemudian dilaksanakan oleh Tim Nusa yang telah dikukuhkan Presiden Jokowi pada Rabu (15/8) di Istana Negara.

Selain itu, aksi pesawat tempur F16 dan Sukhoi yang melakukan fly pass di langit Istana Merdeka. (aen)


TOPIK BERITA TERKAIT: #upacara-hari-kemerdekaan #hut-ri-ke-73 #detik-detik-proklamasi #deputi-bidang-protokol #pers-dan-media-sekretariat-presiden #bey-machmuddin 

Berita Terkait

IKLAN