Rabu, 14 November 2018 07:54 WIB
pmk

Nasional

Irjen Arief Sulistyanto, Reserse Tulen yang Dikenal Banyak Prestasi

Redaktur: Ali Rahman

Irjen Arief Sulistyanto bersama istri usai dilantik sebagai Kabareskrim di Mabes Polri, Jumat (17/8/2018). Foto: Yudha Krastawan/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Inspektur Jenderal Polisi Arief Sulistyanto resmi diangkat sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri. Pengangkatan itu ditandai dengan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan tersebut yang dipimpin oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Mabes Polri, Jumat (17/8/2018). 

Sebelumnya, Arief sempat menjabat sebagai Asisten Sumber Daya Manusia (SDM) Kapolri sejak 3 Februari 2017. Ia juga pernah menjabat sebagai Kapolda Kalimantan Barat (Kalbar) pada 2014 dan Direktur Ekonomi Tindak Pidana Khusus Bareskrim Polri pada 2010. 

Menurut Tito, Arief merupakan salah satu sosok polisi yang patut dicontoh oleh seluruh jajarannya. Selain track record yang baik, Arief juga mempunyai sederetan prestasi yang patut dibanggakan. 

"Kami melihat Pak Arief dalam tugas baik sebagai Kapolda Kalimantan Barat maupun Asisten SDM (ASDM), itu banyak prestasi," puji Tito usai melantik dan mengambil sumpah jabatan Wakapolri dan Kabareskrim di Rupatama Mabes Polri, Jumat (17/8/20Saat menjabat ASDM, Arief dinilai banyak membawa perubahan yang lebih baik khususnya dalam pengadaan rekruitmen dan perbaikan SDM Polri. Hal ini menjadikan SDM Polri menjadi lebih baik dan bersih ketimbang sebelumnya. 

"Dan juga berdampak kepada kualitas sumber daya manusia yang murni. Karena SDM adalah salah satu jantung Polri, otomatis dengan rekruitmen yang bagus, kita lihat anak-anak dari keluarga yang tidak mampu bisa diterima, bahkan menjadi ranking, SPN juga demikian, bintara dan tantama menjadi lebih baik," ujarnya. 

Tito pun berharap pengangkatan Arief sebagai Kabareskrim mampu membangun citra yang positif bagi korpsnya khususnya dalam hal penegakan hukum sebagaimana program promoter Kapolri yakni, 'membangun profesionalisme dalam penegakan hukum'. 

Apalagi dengan pengalaman sebagai reserse tulen, Arief diyakini mampu membangun kapabilitas, kompetensi dan moral lebih baik para anggota Bareskrim.

"Saya berharap nanti Pak Arief bisa membuat gebrakan-gebrakan termasuk di antaranya menangani kasus-kasus konvensional, kejahatan transnasional, kasus kontigensi, termasuk mendukung penanganan terorisme oleh Densus 88. Juga sekaligus bisa memberikan (gebrakan) dalam rangka untuk menjaga stabilitas ekonomi termasuk dalam berbagai bidang," harapnya.

Arief Sulityanto telah diangkat sebagai Kabareskrim menggantikan Komjen Ari Dono yang ditunjuk sebagai Wakapolri. Baik Arief maupun Ari Dono dilantik secara bersamaan dengan jabatan barunya itu di Mabes Polri, Jumat (17/8/2018). (ydh) 


TOPIK BERITA TERKAIT: #irjen-arief-sulistyanto #kabareskrim-baru #kapolri-jenderal-tito-karnavian #wakapolri-baru #komjen-ari-dono 

Berita Terkait

IKLAN