Minggu, 23 September 2018 10:18 WIB
pmk

Bulutangkis

Gregoria dkk Pede Habisi Hongkong

Redaktur:

Gregoria Mariska Tunjung

INDOPOS.CO.ID - Tim putri Indonesia bakal berjumpa Hong Kong pada babak pertama bulu tangkis beregu Asian Games 2018 di Istora Senayan, Minggu (19/8). Indonesia tetap mengandalkan ganda putri untuk bisa mencuri kemenangan.

Greysia Polii/Apriyani Rahayu tentu menjadi andalan tim putri Indonesia untuk mendulang poin. Selain itu, Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta, juga diwajibkan memetik kemenangan. Adapun Gregoria Mariska Tunjung menjadi tumpuan di sektor tunggal.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Susy Susanti, menilai tim putri Indonesia memiliki kemampuan di atas Hong Kong. Susi menyebut kemenangan 3-0 bukan hal yang sulit diraih.

"Hong Kong sekarang bagus, kekuatan mereka cukup merata. Tunggal putri lumayan baik, yang ganda juga lumayan," kata Susi, selepas mendampingi tim Indonesia menjalani sesi latihan di Istora Senayan, Jakarta, Jumat (17/8).

"Kalau peluang lebih besar di ganda. Jadi ganda harus diamankan dulu poinnya, serta ambil satu di tunggal. Tapi, tunggal juga harus tampil sebaik-baiknya untuk meraih poin. Yang penting tiga pertandingan menang dulu," katanya.

Beban berat tentu bakal berada di pundak Gregoria sebagai tunggal pertama. Susi berharap Gregoria sudah semakin terasah mentalnya."Mau tidak mau Georgia harus siap menerima tongkat estafet. Harus lebih matang juga, karena sekarang sudah naik dari junior ke senior. Kami berharap dia lebih dewasa dalam mengemban tanggung jawab ini," ujar Susi.

Tim beregu bulutangkis Indonesia mesti ekstra kerja keras sejak laga pertama pertandingan beregu Asian Games 2018. Berdasarkan hasil undian yang dilakukan malam ini di Istora, tim putri Indonesia ada di pool atas, bersama Hong Kong, Jepang, India dan Korea. Sedangkan di pool bawah diisi Tiongkok, Taiwan, Thailand, Maladewa, Pakistan dan Nepal.

Lawan pertama Greysia Polii cs adalah tim putri Hong Kong. Jika menang, maka putri-putri Indonesia di perempat final akan berhadapan dengan tim Korea yang mendapat bye di babak pertama. Seandainya  berhasil melewati Korea, tim Indonesia akan berhadapan dengan pemenang antara Jepang vs India.

Sementara itu, tim putra Indonesia ada di pool bawah yang merupakan pool 'neraka' . Pool bawah diisi negara-negara tangguh yang mesti 'saling bunuh' dari babak awal. Indonesia mendapat bye di babak pertama dan kemungkinan besar akan berjumpa India yang lebih dulu harus menghadapi Maladewa.

Sementara itu, Jepang dan Malaysia sudah harus saling berhadapan di laga pertama. Begitu juga Thailand yang akan bertarung melawan tim kuat Korea di babak pertama. Tim Tiongkok yang merupakan unggulan pertama, mendapat undian yang lebih menguntungkan. Tiongkok berada di pool atas bersama Hong Kong, Taiwan, Mongolia, Nepal dan Pakistan.

"Hasil drawing,  sistem drawing berjalan adil. Sistem yang dipakai adil karena ditentukan melalui seeding. Di tim putra, kita seeding kedua, kalau tim putri tidak dapat seeding," kata Achmad Budiharto, Sekretaris Jenderal PP PBSI.

"Hasil tim putra, ini perjuangan berat untuk semuanya. Karena tim-tim bagus terkumpul di pool bawah. Untuk babak pertama kalau digambarkan, Jepang bertemu Malaysia, Korea berhadapan dengan Thailand. Empat tim tersebut terkumpul dan hanya satu yang ke semifinal," lanjutnya.

"Kita sedikit beruntung. Kita menunggu pemenang antara Maladewa dan India. Memang perjuangan berat nantinya di semifinal. Siapa pun yang melewati India. Tim yang dihadapi relatif kuat," ujar Budiharto.Lebih lanjut Budiharto menunturkan bahwa ia optimis dengan kekuatan tim beregu putra, apalagi dengan menjadi jawara di Asia Team Championships 2018 di Alor Setar, Malaysia. (bam)

Berikut daftar tim beregu bulutangkis Indonesia di Asian Games 2018:

Beregu Putra:

1.     Jonatan Christie

2.     Anthony Sinisuka Ginting

3.     Ihsan Maulana Mustofa

4.     Kevin Sanjaya Sukamuljo

5.     Marcus Fernaldi Gideon

6.     Fajar Alfian

7.     Muhammad Rian Ardianto

8.     Mohammad Ahsan

9.     Tontowi Ahmad

10.  Ricky Karanda Suwardi

Beregu Putri:

1.     Fitriani

2.     Gregoria Mariska Tunjung

3.     Ruselli Hartawan

4.     Greysia Polii

5.     Apriyani Rahayu

6.     Della Destiara Haris

7.     Rizki Amelia Pradipta

8.     Ni Ketut Mahadewi Istarani

9.     Liliyana Natsir

10.  Debby Susanto


TOPIK BERITA TERKAIT: #asian-games-2018 #bulutangkis 

Berita Terkait

Christo Akui Lebih Nyaman Bersama Aldila

Total Sport

Asian Games 2018 Bukti Nyata Revolusi Mental

Nasional

IKLAN