Kamis, 15 November 2018 07:13 WIB
pmk

Nusantara

11 Fakta tentang Yohanes Sang Pemanjat Tiang Bendera di Belu NTT

Redaktur: Redjo Prahananda

Yohanes bersama Menpora Imam Nahrawi (indra eka/jpc)

INDOPOS.CO.ID - Banyak pihak mengaku terharu hingga menitikan air mata melihat aksi Yohanes Gama Marschal Lau, 14, memanjat tiang bendera saat upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 73 digelar di lapangan Pantai Motaain Belu NTT, Jumat (17/8/2018) pagi. Berikut sejumlah fakta terkait kejadian menggemparkan itu, dirangkum dari pemberitaan Jawa Pos Group.

1. Bendera merah putih yang siap dikibarkan pasukan pengibar bendera (Paskibra) tidak berhasil dikibarkan lantaran tali pengikat bendera Merah Putih tiba-tiba putus saat paskibra akan mengibarkan bendera.

2. Wakil bupati Belu J. T. Ose Luan yang bertindak selaku inspektur upacara di Motaain itu meminta dicarikan anak-anak yang bisa memanjat tiang bendera.

3. Yohanes secara spontan bergegas dari barisannya dan menuju tiang bendera lalu panjat untuk mengambil ujung tali bendera yang sudah terlanjur tersangkut pada puncak tiang bendera.

4. Wakil Bupati Belu menyuruh Johanes untuk melepas sepatunya sebelum memanjat tiang bendera.

5. Yohanes berhasil memanjat dan menggigit tali bendera Merah Putih yang putus, dan berhasil turun.

6. Bendera Merah Putih dikibarkan lagi tanpa lagu Indonesia Raya.

7. Yohanes siswa kelas 7 SMPN Silawan ini mengakui kondisi kesehatannya sempat terganggu sebelum mengikuti upacara bendera kemarin pagi. Dia sakit perut lantas diberi obat oleh bidan dan akhirnya berangkat ikut upacara.

8. Yohanes mengaku optismis bisa memanjat tiang bendera karena terbiasa memanjat pohon pinang dan pohon lainnya.

9. Victorino Fahik Marschal yang merupakan ayah kandung Yohaens merupakan WNI eks Timor Timur (sekarang negara Timor Leste), mengaku sangat bangga dengan upaya putranya itu.

11. Yohanes mendapat beasiswa dari PT PLN hingga lulus perguruan tinggi.

12. Yohanes dan kedua orangtuanya datang ke Jakarta untuk menjadi tamu kehormatan dalam Pembukaan Asian Games 2018. (ogi/jpg/ind)


TOPIK BERITA TERKAIT: #yohanes-gama-marschal-lau #yohanes-sang-pemanjat-tiang-bendera #ntt 

Berita Terkait

Potensi Money Politic, KPK Bakal Pantau

Nusantara

NTT Butuh Pemimpin yang Bermoral

Nusantara

Jangan Termakan Isu Tak Bertanggung Jawab

Nusantara

IKLAN