Selasa, 20 November 2018 08:58 WIB
pmk

Internasional

Mantan Sekjen PBB Kofi Annan Wafat di Swiss

Redaktur: Redjo Prahananda

Kofi Annan bersama pemimpin PLO Yaser Arafat (radar cirebon)

INDOPOS.CO.ID - Mantan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Kofi Annan dikabarkan meninggal dunia. Hal ini diungkapkan Kofi Annan Foundation pada Sabtu (18/8/2018). Kofi Annan meninggal di usia 80 tahun.

Badan PBB untuk Migrasi melalui akun twitternya menuliskan, “Dengan kesedihan yang mendalam, kami mengumumkan bahwa Kofi Annan, telah meninggal dengan tenang di usia 80 tahun,” ujar badan migrasi PBB.

Dilansir kantor berita Reuters, Annan meninggal dunia di sebuah rumah sakit di Bern Swiss pada Sabtu pagi waktu setempat. Semasa hidupnya, Annan yang dilahirkan pada 8 April 1938 pernah menjadi penerima Hadiah Perdamaian Nobel 2001.

Annan sendiri menjabat sebagai Sekjen ke 8 PBB selama 9 tahun. Ia mulai menjabat 1 Januari 1997 hingga 31 Desember 2006. Selanjutnya ia digantikan oleh Ban Ki-moon sebagai Sekjen ke 8 PBB.
Sepanjang hidupnya ia menerima 8 gelar Doktor Honoris Causa bidang hukum dan kemanusiaan dari berbagai universitas di dunia.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi melalui akun twitternya, @MenluRI, ia menyampaikan rasa berdukanya. “Duka cita saya yang dalam atas meninggalnya Kofi Annan, mantan Sekjen PBB. Kita kehilangan seorang pegiat perdamaian hebat dan humanis sejati. Dalam dua tahun terakhir, saya bekerja sangat erat dengan Mr. Annan, termasuk di Myanmar. Semoga Yang Mulia beristirahat dengan damai," tulis Retno. (jpg/ind)


TOPIK BERITA TERKAIT: #kofi-annan #mantan-sekjen-pbb #kofi-annan-wafat-di-swiss 

Berita Terkait

IKLAN