Selasa, 25 September 2018 08:23 WIB
pmk

Total Sport

Cabor Menembak Perebutkan Medali Emas Pertama

Redaktur: Redjo Prahananda

Tim menembak Indonesia siap meraih hasil maksimal di hari pertama Asian Games 2018. Inasgoc for indopos

INDOPOS.CO.ID - Medali emas pertama Asian Games 2018 akan diperebutkan di cabang olahraga (cabor) menembak, di Jakabaring Sport City Palembang, Minggu (19/8), pukul 09.00.

Cabor menembak menampilkan pertandingan di nomor beregu 10 meter (10 m) air rifle mixed dan 10m air pistol mixed. Sepanjang pagi hingga siang, ertandingan dalam dua nomor di atas akan digelar sejak babak kualifikasi sampai final.

Babak kualifikasi nomor beregu 10m air rifle mixed mulai pukul 09.00 WIB. Dalam babak ini, akan diambil lima petembak terbaik  untuk bertanding  di babak final.

Nomor 10m air rifle mixed sendiri diikuti oleh 58 atlet dari 29 negara. Berikutnya, babak final untuk nomor ini digelar pada pukul 11.00 WIB.

Sementara itu, babak kualifikasi nomor 10 m air pistol mixed dimainkan pukul 11.00 WIB. Dalam babak ini, diambil 8 besar petembak terbaik melaju ke babak akhir.

Berikutnya, babak final nomor ini digelar pada pukul 16.20 WIB. Nomor 10m air pistol mixed diikuti oleh 54 atlet dari 27 negara.

Manajer cabor Menembak Timnas Indonesia, Sarozawato Zai, mengatakan dua nomor bakal dipertandingkan, merupakan salah satu nomor favorit karena diikuti oleh banyak atlet.

"Pesaing berat  datang dari negara-negara Asia terkenal dengan olahraga ini, seperti Cina, Korea dan India," kata Zai.

Atlet Indonesia untuk nomor 10m air rifle mixed adalah Monica Daryanti dan M. Naufal Mahardika. Sementara itu, untuk nomor 10m air pistol mixed, kontingen Merah Putih akan menurunkan Talitha J. Almira dan Deny Pratama.

Terkait target emas untuk tuan rumah, Zai mengatakan semua atlet berpeluang meraih medali selama bisa menjaga kestabilan psikologinya saat bertanding besok.

"Karena itu kamu tidak pernah sebutkan nama atlet dan bebankan target emas karena itu menyangkut kestabilan psikologi atlet, sekalipun dalam benak manejemen sudah tahu siapa-siapa saja yang ditargetkan dapat emas," kata dia

Pelatih Menembak Timnas Indonesia, Darmawan Budiman, mengatakan ketenangan psikologi kunci agar atlet bisa tampil maksimal dalam cabor ini. Sehebat apapun teknik mereka, namun kalau panik, bakal kalah.

"(Meskipun) Dia sudah hebat, tapi sewaktu tanding karena tidak tenang, tangan (seorang atlet menembak) bisa bergetar saat menembak. Tidak bisa keluarkan kemampuan terbaik. Musuh sebenarnya dalam menembak bukan atlet lain, tapi musuhya adalah diri sendiri," kata Darmawan. (bam)


TOPIK BERITA TERKAIT: #asian-games-2018 

Berita Terkait

Danone AQUA Sebarkan Semangat Kebaikan Pasca Asian Games

Indobisnis

Sukses Karate di Asian Games untuk Modal ke Tokyo

Total Sport

Christo Akui Lebih Nyaman Bersama Aldila

Total Sport

IKLAN