Senin, 24 September 2018 01:17 WIB
pmk

Nasional

Eforia HUT RI Gelar Aksi Bersih Pantai di 73 Titik

Redaktur: Redjo Prahananda

Pegang Karung (kanan) Sesdit Perikanan Budidaya KKP Tri Haryanto turut membersihkan sampah di pantai seribu ranting di Jepara, Minggu (19/8/2018).

INDOPOS.CO.ID - Eforia perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke 73 masih terus terasa di wilayah tanah air. Berbagai kegiatan lomba sampai bersih pantai menyemarakkan rangkaian perayaan. Kementerian Kelautan dan Perikanan bahkan menggelar gerakan bersih pantai dan laut serentak di 73 titik, Minggu (19/8/2018).

“Langkah ini menjadi titik tolak pantai dan laut kita bersih. Pemerintah terus memperhatikan apa saja yang menjadi kebutuhan masyarakat pesisir agar laut kita yang luas 2/3 dari luar wilayah Indonesia bisa kita manfaatkan secara berkesinambungan,” kata Sekretaris Dirjen Perikanan Budidaya, KKP Tri Haryanto, sebelum melakukan aksi bersih pantai di Pantai Seribu Ranting, Jepara, Minggu (19/8/2018).

Lebih lanjut Tri Haryanto menambahkan laut menjadi masa depan bangsa. Generasi penerus juga harus bisa menikmati hasil laut ke depan. Sehingga diajari merawat dan memanfaatkan laut dengan baik. Pelaksanaannya bersih pantai di 73 titik masing masing dikomandoi pejabat KKP. Enam titik inti diantaranya Bitung yang di pimpin langsung oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, lalu Makasar, Ancol Timur Jakarta, Karawang, Sabang dan Sorong.

“Dengan gerakan ini semua pantai kita bersih dari sampah khususnya sampah plastik. Ini langkah baik buat kedepan, di KKP itu ada peraturan Kalau kita buang 1 sampah plastik ke laut kena denda 500 ribu rupiah kalau buang sampah 10 kali saja sudah habis gaji satu bulan untuk bayar denda saja,” ungkapnya.

Sementara itu, pada kesempatan lain Kapala Bagian Program DJPB, Andy Artha Donny Oktopura mengatakan laut memiliki arti penting bagi masa depan kelangsungan hidup makluk bumi. Keberadaan laut sebagai basis sumberdaya alam memiliki nilai strategis ekonomi khususnya bagi peningkatan taraf hidup dan menjamin ketersediaan sumber pangan bagi manusia. Dari aspek ekologi, laut memiliki peran penting dalam menjamin keseimbangan alam, khususnya dalam mengantisipasi perubahan iklim global yang saat ini menjadi ancaman negara-negara di belahan dunia.

“Aksi ini bertujuan menggugah kesadaran kita, betapa kita telah terlalu lama memunggungi laut, dan sudah saat nya kita membalikan badan untuk melihat laut sebagai masa depan yakni dengan mengedepankan pengelolaan sumberdaya laut secara arif dan bertanggunjawab,” pungkasnya. (nel)


TOPIK BERITA TERKAIT: #hut-ri-ke-73 #aksi-bersih-pantai-di-73-titik 

Berita Terkait

IKLAN