Selasa, 13 November 2018 12:07 WIB
pmk

Total Sport

Mervelo Edgar Xavier, Peraih Medali Pertama Indonesia

Redaktur:

Marvelo Edgar berpose bersama Girl Band JKT 48 usai pemberian medali di JIEKPO Kemayoran, Jakarta. Bambang/indopos

INDOPOS.CO.ID - SENYUM mengembang di bibir Marvelo Edgard Xavier. Dia juga  gembira. Raut wajahnya pun terlihat  ceria.  Edgar sapaan akrab  pemuda berusia 19  tahun ini  memang menjadi bintang di hari perdana Asian Games 2018.

Dia meraih medali perak nomor Changquan Putra dalam pertandingan cabang wushu Asian Games 2018 yang digelar di GOR Jiexpo, Jakarta Utara, Sabtu (19/8).  Edgar  mencatat  9,72 poin atau terpaut 0,3 poin dari peraih medali emas pewushu asal China, Sun Peiyuan dengan 9,75 poin.

Keberhasilan Edgar ini memang terasa   special. Karena dia menjadi atlet pertama  Indonesia  yang meraih  medali di pesta olahrahraga paling bergengsi di kawasan Asia itu.

Edgar mengaku tidak menyangka mampu meraih medali perak Asia games. Apalagi, pada even yang baru pertamakali digelutinya dirinya  tidak menargetkan medali. 

 “ Saya tidak menyangka meraih medali emas, apalagi lawan yang dihadapi kuat-kuat. Selain itu, saya juga  tidak ditargetkan medali di Asian Games ini,” kata pria kelahiran Jakarta, 16 Desember 1998 ini.

Edgar mengungkapkan sebelum bertanding sempat mengalami nerveus dan grogi. Namun berkat dukungan suporter, lamban laun rasa grogi  tersebut perlahan  hilang. “ Pelatih juga mengingatkan  saya bermain tenang dan jangan tegang. Saya juga diminta bermain sebaik mungkin karena ini merupakan Asian Games pertama saya,” ungkap peraih medali perunggu SEA Games 2017 di Malaysia.

Anak bungsu dari empat bersaudara pasangan Lo Tjhiang Meng dan Maria Caecilia Nureka menambahkan,  akan mempersembahkan medali perak ini untuk HUT Kemerdekaan RI, pelatih,  orang tua, pengurus PB WI dan lain-lain.  Sementara untuk bonus yang akan didapat dari pemerintah, Edgar mengatakan akan mempergunakanya untuk masa depan. “Bonus akan saya tabung untuk masa depan,” imbuhnya.

Edgar sendiri mulai menekuni olahraga wushu sejak usia 8 tahun. Awalnya, dia melihat rekan-rekannya belajar wushu di sekolah. Hal ini ini membuatnya tertarik berlatih wushu. “ Gerakan bela diri wushu sangat indah sehingga sata tertarik mempelajarinya. Apalagi orang tua juga mendukung saya,” papar Edgar seraya berharap agar medali pertama yang diraihnya ini menjadi motivasi atlet lain. 

Novita, pelatih kepala Wushu raihan medali perak yang diperoleh Edgar sangat mengejutkan. Karena, Edgar memang tidak ditargetkan meraih medali. “ Kami tidak menargetkan Edgar meraih medali, tapi kenyataanya dia bisa. Kami berharap atlet lainnya juga bisa mengikuti Edgar. Hasil ini buah dari persiapan kami yang matang di Tiongkok selama tiga bulan,” kata Novita. (bam)

BIODATA

Nama : Marvelo Edgar Xavier

Lahir : Jakarta, 16 Desemver 1998

Prestasi

- 1 Emas Kejuaraan Dunia Wushu Junior Singapura 2010

- Peringkat V  Kejuaraan Asia.Junior Filipina 2013

- 1 Emas Asian School Games Filipina 2014

- Peringkat IV Kejuaraan Asia Junior Mongolia 2015

- 1 Emas, 2 Perak Kejuaraan Dunia Wushu Junior Bulgaria 2017

- 1 Perunggu SEA Games Malaysia 2017

- 1 Emas, 1 Perunggu Pars Wushu Cup Iran 2017

- 1 Perak Kejuaraan Dunia Wushu Senior Rusia 2017 Jakarta 2016


TOPIK BERITA TERKAIT: #asian-games-2018 

Berita Terkait

IKLAN