Kamis, 15 November 2018 07:15 WIB
pmk

Liga Indonesia

Hidup Mati buat Indonesia

Redaktur:

Alberto Goncalves. Foto. CHARLIE/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Hong Kong dalam laga lanjutan Grup A Asian Games 2018 di Stadion Patriot, Bekasi, Senin (19/8) malam. Ini ,merupakan laga hidup mati bagi Hansamu Yama dkk. Menghadapi pertandingan ini, Indonesia wajib meraih tiga poin. Ya, hasil imbang sangat rawan untuk skuat Merah Putih karena bisa terancam gagal ke babak 16 besar karena hanya bersaing menjadi peringkat tiga terbaik.

Saat ini, Indonesia masih mengantongi enam poin, dan menempati posisi ketiga. Sementara, Hong Kong ada di posisi kedua dengan tujuh poin. Palestina ada di puncak klasemen dengan torehan delapan poin.

Salah satu winger Timnas, Saddil Ramdani, menjelaskan dalam sesi latihan pada Minggu, materi dan taltikal yang diinginkan oleh pelatih telah dijalankan oleh para pemain. Dia yakin, dengan persiapan yang matang ini, Indonesia bisa meraih hasil positif melawan Hong Kong. "Tim mempersiapkan diri dengan baik dan semoga pertandingan besok kami akan fight," ungkapnya, Senin.

Saddil menegaskan, Hong Kong saat ini sudah berbeda dibanding beberapa tahun sebelumnya. Karena itu, bukan sepantasnya skuat Garuda menganggap lawan sebagai tim yang akan mudah ditaklukkan.

"Kami nggak menganggap enteng siapapun. Hong Kong bagi tami tim yang kuat, yang penting kami di pertandingan besok bagaimana kami bermain dengan baik dan maksimal," tegasnya.

Strategi dari Pelatih Luis Milla sudah dipelajari dengan matang oleh para pemain baik melalui sesi kelas ataupun saat dipraktikkan di lapangan. Hasilnya, banyak solusi untuk bisa menembus pertahanan tim lawan. "Strategi dari coach sudah ada. Kami juga sudah coba di latihan, besok bagaimana caranya tim menerapkan strategi-strategi ini,"tuturnya.

Sementara itu pelatih timnas U-23 Hongkong Kenneth Kar Lok Kwok punya keinginan lain ketika berada di Indonesia saat ini. Tactician berusia 38 tahun itu sangat ingin bertemu dengan idola masa kecilnya, Rochy Putiray. ’’Dia adalah legenda, bukan hanya untuk Indonesia, melainkan juga sepak bola Hong Kong,’’ ujar Kenneth.

Karena itu, dia berupaya mengontak beberapa rekannya untuk bisa menghubungi Rochy agar bisa bertemu. ’’Mungkin Rochy sedang sibuk. Mungkin dia jadi salah seorang tamu di acara-acara Asian Games 2018. Ya, saya harap bisa bertemu selama di Indonesia ini,’’ ungkapnya.

Menurut dia, penggemar sepak bola Hongkong generasinya merupakan fans berat Rochy. Selain kecepatannya di lapangan, penampilan yang nyentrik menjadi ciri khas pemain asal Maluku itu. ’’Rambutnya yang warna-warni, juga sepatunya yang selalu berbeda warna di kaki kanan dan kiri, Rochy jadi pesepakbola yang fenomenal,” ujarnya.

Ya, Rochy pernah malang-melintang di sepak bola Hongkong. Selama lima tahun karirnya pernah dihabiskan di Hongkong dengan membela Instant-Dict FC, Happy Valley, South China FC, dan Kitchee SC. Bahkan, sampai saat ini, jersey Rochy ketika masih membela Kitchee masih dijual. ’’Saya dulu hampir tidak pernah melewatkan sekali pun pertandingan Rochy. Dia luar biasa. Sayang saya tidak sempat punya tanda tangannya,’’ ucapnya lantas tersenyum.

Selama berkarir di Hongkong, ada satu momen ketika Rochy yang membela Kitchee menjalani laga uji coba pramusim melawan klub raksasa Italia AC Milan. Saat itu, Rochy mampu mencetak dua gol. (rid/ham)

Perkiraan Pemain

Indonesia (4-3-3): 12-Andritany Ardhiyasa (g); 2-I Putu Gede, 16-Hansamu Yama (c), 15-Ricky Fajrin, 7-7-Rezaldi Hehanusa; 4-Zulfiandi, 10-Stefano Lilipaly, 6-Evan Dimas; 18-Irfan Jaya, 9-Alberto Goncalves, 13-Febri Haryadi

Pelatih: Luis Milla

Hongkong (4-3-3): 1-Ho Chun Yuen (g); Hok Ming Lau (c), 5-Vasudeva Das Lilley Nunez, 3-Wang Kit Tsui, 15-Pui Hong Yu; 7-Hin Lung Cheng, 8-Remi Dujardin, 6-Chun Lok Tan; 11-Mattew Elliot Wing Kai Orr, 18-Jorge Tarres Paramo, 9-Wai Keung Hung

Pelatih: Kenneth Kar Lok Kwok

Stadion: Patriot Chandrabhaga, Bekasi

Live: SCTV pukul 19.00 WIB


TOPIK BERITA TERKAIT: #timnas-indonesia #asian-games-2018 

Berita Terkait

Gemilang Bersama Macan Kemayoran

Liga Indonesia

Telepon Orangtua sebelum Cetak Gol

Liga Indonesia

Lawan Berat Menanti

Liga Indonesia

Lawan Timor Leste, Siapkan Opsi Formasi

Liga Indonesia

IKLAN