Rabu, 26 September 2018 02:00 WIB
pmk

Total Sport

Mengenal Defia Rosmaniar Sumbang Emas Pertama Asian Games 2018 untuk Indonesia

Redaktur:

BANGGA-Atlet taekwondo Indonesia Defia Rosmaniar mengigit medali emas usai mengalahkan Marjan Salahshouri dari Iran di Jakarta, Minggu (19/8). Foto. MIFTAHULHAYAT/JAWA POS/JPG

JAKARTA-Haru bercampur bahagia dirasakan Defia Rosmaniar. Bahkan, atlet taekwondo putri Indonesia itu tak kuasa menahan tangis. Ya. Air matanya berlinang air ketika berhasil menyumbang medali emas pertama untuk Indonesia di Asian Games 2018, kemarin (19/8). Defia, yang turun di nomor poomsae tunggal putri sukses naik ke podium tertinggi setelah mengalahkan wakil Iran Sakahshouri Marjan pada pada partai final yang berlangsung di Jakarta Convention Center.

Kemenangan Defia juga terasa spesial karena disaksikan langsung Joko Widodo (Jokowi). Presiden Republik Indonesia itu juga menyempatkan diri menemui Defia yang tengah banjir air mata sesudah memastikan menjadi juara.

Disaksikan ratusan penonton termasuk Jokowi, Menpora Imam Nahrawi, dan Ketua Umum PT TI Marciano Norman, Defia tampil memukau. Pergerakan yang dipertontonkannya  mampu mencuri hati dewan juri.

Defia menang dengan skor 8,690 dari juri. Sedangkan Marjan Salahshouri meraih 8,470 poin. Defia menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang berhasil menembus partai final, kemarin.

Namun, di balik kesuksesannya, Defia sempat tidak menyukai taekwondo saat kali pertama mengenal bela diri asal Korea Selatan tersebut. Atlet kelahiran 1995 mengenal taekwondo dari sang kakak sepupu saat masih SMP.

“ Saya bangga berhasil menyumbang medali emas untuk bangsa dan negara. Ini semua berkat latihan keras saya selama ini. Saya ucapkan terima kasih untuk, pelatihan dan penonton yang tak henti-hentinya mendukung saya,” ungkap Defia usai laga.

Medali emas yang diraih Defia membuat Marciano Norman gembira. Dia mengatakan, hasil ini sudah sesuai target. “ Satu emas ini sudah sesuai target, kami harap dapat memotivasi yang lain untuk meraih emas. Karena masih ada beberapa nomor yang dikuti Indonesia,” tutu Marciano. (bam)


TOPIK BERITA TERKAIT: #taekwondo #asian-games-2018 

Berita Terkait

Peralatan Asian Games Diberikan ke Cabor

Total Sport

Danone AQUA Sebarkan Semangat Kebaikan Pasca Asian Games

Indobisnis

Sukses Karate di Asian Games untuk Modal ke Tokyo

Total Sport

Christo Akui Lebih Nyaman Bersama Aldila

Total Sport

Asian Games 2018 Bukti Nyata Revolusi Mental

Nasional

IKLAN