Nasional

Gempa 6,9 SR Guncang Lombok, 10 Meninggal Dunia

Redaktur:
Gempa 6,9 SR Guncang Lombok, 10 Meninggal Dunia - Nasional

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho di Kantor BNPN, Jalan Pramuka Jakarta Timur.

INDOPOS.CO.ID - Gempabumi beruntun mengguncang Lombok, NTB. Musibah ini menyebabkan korban jiwa dan kerusakan bangunan bertambah. Berdasarkan data yang dihimpun Posko BNPB hingga, Senin (20/8/2018) tercatat 10 orang meninggal dunia.

Dari 10 orang meninggal dunia akibat gempa 6,9 SR berasal dari Kabupaten Lombok Timur 4 orang, Sumbawa Besar 5 orang, dan Sumbawa Barat 1 orang. Sebanyak 24 orang luka-luka, 151 unit rumah rusak (7 rusak berat, 5 rusak sedang, 139 rusak ringan) dan 6 unit fasilitas ibadah.

"Ini adalah data sementara karena pendataan masih berlangsung. Kendala listrik padam total menyebabkan komunikasi dan pendataan terhambat," Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan persnya, Jakarta, Senin (20/8/2018).

Sutopo menuturkan sebagian korban tertimpa bangunan roboh dan sebagian karena serangan jantung kaget menerima guncangan gempa yang keras.

Bantuan logistik terus disalurkan ke korban gempa di Lombok. Stok logistik mencukupi untuk memenuhi kebutuhan dasar pengungsi. Tim SAR gabungan dari Basarnas, TNI, Polri, ESDM, dan relawan masih melakukan evakuasi.

"Apalagi bantuan terus berdatangan dari berbagai pihak. Adanya gempa 6,9 SR telah menyebabkan beberapa jalan mengalami rusak dan longsor," tutur Sutopo.

Sutopo mengungkapkan, upaya penanganan darurat terus diintensifkan. Percepatan bantuan perbaikan rumah rusak terus dilakukan. Begitu juga perbaikan fasilitas umum seperti rumah sakit, puskesmas, dan sekolah darurat.

"Sambil menunggu tahapan rehabilitasi dan rekonstruksi nantinya. Operasi pasar untuk pemenuhan kebutuhan dasar dan ketersediaan bahan-bahan pokok terus dilakukan," ungkap Sutopo. (cr-2)

Berita Terkait

Nusantara / Warga Taput dan Sibolga Panik

Daerah / Gempa Ternate, Deformasi Lempeng Laut Maluku

Indobisnis / Pascagempa, BFI Bangun Sekolah di Lombok

Nusantara / Lombok Diguncang Gempa 5,3 SR

Nusantara / Gempa Kembali Guncang Lombok

Nasional / Puan Apresiasi Pasukan Siaga Bencana NTB


Baca Juga !.