Kamis, 20 September 2018 06:03 WIB
pmk

Politik

Ma'ruf Amin Amankan Jokowi dari Isu Anti Islam

Redaktur: Redjo Prahananda

INDOPOS.CO.ID - Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby menyatakan, masuknya Ma'ruf Amin sebagai cawapres Jokowi memang telah mengurangi isu anti-Islam lekat terhadap mantan Wali Kota Solo itu.

Namun demikian, Ma'ruf dinilai belum bisa menutupi lubang besar isu ekonomi yang menjadi kekurangan Jokowi. Tim sukses Jokowi harus mengantisipasi isu-isu ekonomi dari kubu lawan.

 “Pak Jokowi akan diserang dari sisi isu ekonomi, ini  harus diwaspadai. Karena sebetulnya Kiai Ma'ruf hanya menutup lubang isu ke-Islaman tapi tidak mampu menutup lubang kelemahan-kelemahan Pak Jokowi yang lain termasuk isu ekonomi," kata Adjie di Jakarta, Selasa (21/8/2018).

Anak buah Denny Januar Ali itu menilai, meski pembangunan infrastruktur banyak dilakukan Jokowi selama empat tahun ini tapi dua hal dalam bidang ekonomi mengenai lapangan kerja dan harga kebutuhan pokok yang mahal akan menjadi garapan empuk Prabowo-Sandiaga Uno.

"Selain itu, ini juga bisa dikaitkan dengan sentimen keummatan, karena lapangan kerja ini terkait juga dengan isu tenaga kerja asing yang bisa mengganggu konsentrasi Pak Jokowi terhadap isu ekonomi," jelas Adjie.

Dalam segmentasi pemilih muslim, Jokowi - Ma'ruf Amin memimpin dengan memperoleh dukungan 52,7 persen. Sedangkan Prabowo - Sandi hanya memperoleh 27,9 persen. (jaa)


TOPIK BERITA TERKAIT: #pilpres-2019 #menuju-istana-presiden #jokowi 

Berita Terkait

IKLAN