Rabu, 14 November 2018 06:34 WIB
pmk

Indotainment

Aghniny Haque, Atlet Taekwondo yang Mulai Berakting

Redaktur:

FOTO: IMAM HUSEIN/JAWA POS

INDOPOS.CO.ID - FILM Wiro Sableng: Pendekar Kapak Maut Naga Geni 212 akan menjadi debut layar lebar Aghniny Haque, 21. Perempuan asal Semarang itu bakal berperan sebagai Rara Murni, putri pendekar. Tidak hanya cantik, Rara Murni juga piawai bertarung, berkuda, serta menggunakan senjata. ’’Main film action itu cita-cita aku dari kecil,’’ ujar Aghni saat ditemui di kantor manajemennya.

Sebelum terjun ke dunia film, Aghni –sapaannya– adalah atlet taekwondo timnas Indonesia. Dia menekuni taekwondo sejak duduk di bangku SD untuk menyalurkan tenaga dan bakatnya. Sejak kecil, mahasiswi Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Semarang tersebut sangat aktif dan tomboi.

Selama menjadi atlet timnas pada 2011–2016, Aghni mengumpulkan medali dari kompetisi taekwondo. Mulai nasional, regional, hingga internasional. Sayangnya, pada 2016, kedua lututnya cedera. Gadis manis itu lalu galau antara lanjut menjadi atlet atau tidak. Pilihan berat yang dia ambil. Aghni pun memilih pulang dan melanjutkan kuliah di Semarang.

Di tengah aktivitas kuliahnya, sebuah e-mail casting diterima Aghni tahun lalu. Rupanya, Lifelike Pictures selaku rumah produksi Wiro Sableng sedang mencari pemeran yang punya kemampuan bela diri. Mereka mengetahui Aghni dari akun Instagram-nya. Aghni awalnya ragu. Sebab, dia sama sekali tidak tahu soal seni atau akting. ’’Tapi, begitu tahu ada campur tangan 20th Century Fox, saya optimistis,’’ ungkapnya.

Ternyata dia menarik perhatian casting director saat casting. Cewek kelahiran 8 Maret 1997 itu harus memperagakan gerakan bertarung dengan golok, berduel dengan salah seorang kru, dan memerankan skenario Rara Murni. Tidak menunggu waktu lama, dia diumumkan sebagai pemeran sang putri pendekar.

Meski sudah berpengalaman di bidang bela diri, Aghni tetap harus mengikuti latihan dan workshop bersama kru Wiro Sableng. Gerakan bertarung Rara Murni sangat berbeda dengan gaya bertarung Aghni ketika menjadi atlet. ’’Taekwondo lebih banyak gerakan kaki, sedangkan Rara Murni bertarung dengan tangan dan senjata,’’ jelasnya.

Saat latihan pun, dia digembleng dengan keras. Aghni harus mulai dari nol lagi lantaran belum pernah belajar akting menggunakan senjata maupun silat (konsep koreografi di Wiro Sableng, Red). ’’Adegan bertarung di film kan juga harus terlihat estetis. Nggak gampang lho,’’ ucapnya. Meski begitu, ilmu taekwondo membantunya dalam hal keseimbangan, power, dan stamina.

Melakoni syuting film kali pertama, dia sangat menikmati. Karakter Rara Murni makin menumbuhkan minatnya pada dunia akting. Tawaran casting untuk film laga diakuinya sudah datang lagi. ’’Doakan ya,’’ katanya.

Sebentar lagi Aghni melihat dirinya sendiri di layar lebar untuk kali pertama. Sebab, film Wiro Sableng tayang akhir bulan ini. (len/c14/jan)


TOPIK BERITA TERKAIT: #aghniny-haque #artis-dalam-negeri 

Berita Terkait

Ruben Onsu akan Punya Anak Kedua

Indotainment

Afgan Syahreza Gelar Konser 'Dekade' di Kuala Lumpur

Indotainment

IKLAN