Senin, 24 September 2018 11:12 WIB
pmk

Nasional

Marbot Masjid Terlindungi 24 Jam

Redaktur: Ali Rahman

Kepala Kantor Cabang (Kakacab) BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Grogol, Andrey J. Tuamelly, saat penyerahan bantuan sapi qurban di Masjid Alhikmah, RW 11, Kelurahan Jelambar, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

INDOPOS.CO.ID - Segala profesi memiliki risiko, tak terkecuali marbot masjid. Kepala Kantor Cabang (Kakacab) BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Grogol, Andrey J. Tuamelly, mengungkapkan kini profesi seperti marbot berhak mendapat perlindungan negara melalui jaminan sosial ketenagakerjaan. 

”Marbot masjid maupun pengurus kelembagaan masyarakat seperti RT, RW, LMK dsb bekerja 24 jam untuk melayani masyarakat. Begitu pula perlindungan BPJS Ketenagakerjaan berlaku 24 jam untuk mereka ini,” ungkap Andrey J. Tuamelly di Jakarta, Rabu (22/8/2018). Andrey mengaku ratusan marbot masjid di wilayah Jakarta Barat sudah terdaftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Marbot rata-rata terdaftar kepesertaan dalam dua program, yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM). Dengan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan maka perlindungan JKK yang tanpa batas alias unlimited akan berlaku. ”Seperti ketika menjadi panita kurban seperti ini kalau ada apa-apa kami pasti akan jamin karena ini menjadi bagian tugas marbot. Kalau terjadi kecelakaan kerja sampai masuk  RS kami akan tanggung seluruh biaya pengobatan sampai sembuh tanpa batasan biaya dan tanpa batasan waktu,” jelas Andrey, di sela-sela penyerahan bantuan sapi qurban di Masjid Alhikmah, RW 11, Kelurahan Jelambar, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

Andrey menyebut bantuan sapi limosin seberat 350 kg untuk warga Jelambar khususnya RW 11 sebagai bentuk apresiasi. Salah satu pertimbangannya, warga setempat banyak yang menjadi peserta jaminan sosial ketenagakerjaan. Antaralain, kepesertaan dari pengurus RW, RT, LMK, FKDM, kader jumantik, kader PKK, marbot masjid, serta dari home industri seperti sablon dan konveksi yang banyak terdapat di Jelambar. 

Sementara itu Ketua Masjid Al Hikmah Dartius R.M. yang juga menjabat Ketua RW 11 Kelurahan Jelambar mengatakan pihaknya memotong delapan ekor sapi dan sekitar 15 kambing. Daging kurban dibagi-bagikan kepada mustahik atau mereka yang berhak menerima zakat. Di sela-sela penyelenggaraan pemotongan hewan kurban, Darius juga menyempatkan bersosialisasi pentingnya warga menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. (dni)


TOPIK BERITA TERKAIT: #idul-adha-1439-h #idul-qurban #marbot-masjid #bpjs-ketenagakerjaan-jakarta-grogol #andrey-j-tuamelly 

Berita Terkait

IKLAN