Kamis, 15 November 2018 03:10 WIB
pmk

Megapolitan

Festival Kuliner Bekasi 2018 Kembali Dibuka

Redaktur:

INDOPOS.CO.ID – Festival Kuliner Bekasi 2018 kembali dibuka di area parkir barat The Downtown Walk, Summarecon Bekasi. Agenda tahunan tersebut bertema Jawa Timur. Dan kali ini tagline yang dipampang adalah "Weteng Wareg Ati Marem Rek" yang artinya perut kenanyang hati senang.

Dengan, memiliki tagline tersebut maka pengunjung dapat menyaksikan budaya, arema permainan hiburan musik hingga aksi dari komunitas pecinta hewan. Festival yang memperkenalkan kekayaan Indonesia melalui kuliner dan budaya nusantara itu dibuka selama 32 hari, sejak 16 Agustus sampai 16 September 2018.

Center Director Summarecon Mal Bekasi, Ugi Cahyono mengatakan, penyelenggaraan FKB ini sudah memasuki tahun ke enam. Menurutnya, pihaknya masih konsisten untuk terus mengeksplorasi variasi kuliner tanah air. "Jawa Timur sengaja kami jasdikan tema besar, karena referensi keberagaman kuliner lokal yang tengah berkembangt di tanah air. Mulai dari kuliner khas Jawa Timur, hingga variasi kuliner kekinian," ujarnya.

Ugi mengaku, misi untuk terus melestarikan sekaligus mengedukasi kekayaan kuliner lokal. Dia berharap, pelaksanaan FKB akan menjadi wahana yang baik paraq pelaku usaha kecil menengah mikro (UMKM). Salah satunya untuk memperkenalkan langsung antara pembeli dengan pedagang. "Makanan yang kami sajikan di setiap booth dari berbagai macam makanan tradisional," paparnya.

Lahan seluas 7600 meter persegi itu kata Ugi akan diisi oleh 15 tenant langsung dari Jawa Timur. Mereka akan menawarkan variasi menu khas Jawa Timur. Seperti Raja Rawon, Cwie Mie Malang, Lontong Balap, Sego Pecel Ndeso Mr.J, Sego Resek khas Malang, Bakso Malang dan menu lezat lainnya. Sementara 80 tenant lainnya, akan dibagi 38 booth makanan dan 42 gerobakan. Beberapa menu yang ditawarkan antara lain Rujak Cingur & Tahu Campur, Tahu Tek, Es Goyang, Suwe Ora Kopi, Sate Tulang, Ketan Bakar dan masih banyak lagi. Untuk memenuhi permintaan konsumen akan makanan pedas, FKB juga menghadirkan beragam kuliner pedas seperti Seblak Jeletet, Pentol & Ceker Seuhah, Ayam Bledos dan Tempe Mendoan Jeletot.

Ugi mengaku, untuk memanjakan pengunjung yang datang, lebih dulu akan disambut dengan pintu masuk yang dihiasi dengan replika dua buah anyaman kuda yang biasa digunakan pada tarian kuda lumping. Selain itu, replika dua tugu ikonik di Surabaya yakni Tugu Sura dan Buya serta Tugu Bambu Runcing juga akan membuat pengunjung terbawa ke dalam nuansa khas kota pahlawan. Bukan itu saja, dikatakan dia, terdapat juga tiga area dekorasi booth yang dapat menambah keindahan saat mengabadikan momen di FKB yaitu area Jawa Timur menggambarkan rumah pedesaan, area kampung Pecinan bergaya pertokoan Tionghoa Klasik dan area kampung warna-warni dengan hiasan gantungan payung dengan warna cerah yang ceria. Area panggung tidak kalah menarik menggambarkan keindahan burung merak dan replika harimau sebagai ciri khas budaya Reog Ponorogo.

Selama perjalanan FKB ini, kata Ugi, di setiap akhir pekan, pengunjung dapat menyaksikan tari-tarian khas Jawa Timur diantaranya Reog Ponorogo, Tari Gelipang, Tari Remo dan Tari Jejer. Selain beragam hiburan, tahun ini ada yang berbeda dengan hadirnya komunitas pencinta hewan yang akan turut hadir di area FKB 2018. Berlokasi di dekat area layar tancap, pengunjung dapat menemukan beragam keunikan hewan-hewan yang berasal dari berbagai komunitas seperti pameran ikan hias, komunitas sugar glidder, reptil serta aqua scape.

Keseruan tidak hanya dirasakan saat berada di area Festival Kuliner Bekasi. Ugi mengatakan, para pengunjung yang sedang berkeliling mal juga tersedia arena bermain anak bertajuk Fun Playground yang hadir di The Oval mulai 16 Agustus - 16 September 2018. Area seluas 800 meter persegi ini akan berubah menjadi giant inflatable bagi anak-anak usia 2 - 15 tahun. Hanya dengan melakukan pembelian tiket regular seharga Rp 60.000/ orang dan Rp 25.000/pendamping (weekdays) atau Rp 80.000/ orang dan Rp 30.000/pendamping (weekend), pengunjung dapat bermain tanpa batasan waktu. Dibuka setiap hari mulai pukul 10.00 – 22.00 keluarga di Bekasi memiliki banyak pilihan untuk menghabiskan waktu di Summarecon Mal Bekasi. (adl)


TOPIK BERITA TERKAIT: #festival-kuliner-bekasi-2018 

Berita Terkait

IKLAN