Rabu, 26 September 2018 07:54 WIB
pmk

Nasional

Pemerintah Gelontorkan Rp 1 Triliun Bantu Korban Gempa Lombok Bangun Rumah

Redaktur:

PRIHATIN - Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat menjelaskan bantuan yang diberikan pemerintah kepada warga Lombok. Foto: Ahmad Nugraha

INDOPOS.CO.ID - Rentetan gempa yang menimpa warga Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) mendapat atensi serius oleh pemerintah pusat. Pemerintah menyiapkan anggaran Rp 1 triliun untuk tahap awal rekonstruksi rumah korban gempa bumi di Lombok.

Informasi ini disampaikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan, anggaran yang diambil dari dana siap pakai Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) itu bakal dibagikan ke setiap rumah yang sudah diidentifikasi pemda setempat.

"Dana yang diberikan Rp 50 juta per rumah, dibangun mereka sendiri. Mereka harus bekerja. Jadi makanya sekarang sudah saatnya tagline-nya kemarin Lombok Bangun Kembali," katanya di Auditorium Utama LIPI, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Kamis (23/8/2018).

Menurut Basuki, pembangunan rumah akan dimulai awal September nanti. Hal itu untuk mengantisipasi gempa susulan yang bisa mengganggu jalannya pembangunan.

"Sehingga dalam dua minggu ini persiapan," katanya.

Pembangunan rumah warga secara keseluruhan ditargetkan rampung pada enam bulan ke depan. Untuk tahap awal, baru sebanyak 11 ribu rumah yang dibangun.

"Kalau sekarang ini yang baru diverifikasi 11 ribu rumah yang sudah tanda tangan bupati. Kalau kali 50 berarti kan 500 sekian miliar, padahal kan lebih dari itu jumlahnya," imbuh Basuki. (nug)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #gempa-lombok #menteri-pupr-basuki-hadimuljono #kementerian-pupr 

Berita Terkait

IKLAN