Internasional

Iran Pamer Jet Buatan Dalam Negeri

Redaktur:
Iran Pamer Jet Buatan Dalam Negeri - Internasional

BUATAN LOKAL - Presiden Iran Hassan Rouhani duduk di kokpit jet tempur domestik “Kowsar,” dalam pameran Industri Pertahanan Nasional di Ibu Kota Teheran. Kowsar mengusung “avionik canggih” dan radar multi-tujuan dan 100 persen buatan lokal. AFP

INDOPOS.CO.ID – Pemerintah Iran punya jet tempur anyar. Presiden Hassan Rouhani bangga memamerkan pesawat militer terbaru Iran itu kepada dunia. Jet tempur bernama Kowsar tersebut diklaim sebagai produksi murni dalam negeri. Namun, desain Kowsar sangat mirip dengan armada militer milik Amerika Serikat (AS).

Press TV melaporkan bahwa Rouhani memperkenalkan Kowsar kepada publik dalam pameran industri pertahanan di Teheran. Itu acara tahunan yang selalu menyedot perhatian dunia. ’’Banyak yang mengidentikkan peningkatan kekuatan militer kami dengan perang. Padahal, yang kami inginkan adalah perdamaian,’’ ujar Rouhani dalam sambutannya kemarin.

Iran, menurut Rouhani, butuh kekuatan untuk mempertahankan diri sekaligus mencegah peperangan. Dengan begitu, Iran tidak menjadi sasaran negara lain yang agresif. ’’Kalau tidak begini, mereka akan mengira kami beri lampu hijau untuk menginvasi kami,’’ tegasnya.

Dia menambahkan bahwa Kowsar jauh lebih canggih daripada pesawat tempur Iran yang lain. Sebab, teknologinya sudah mutakhir. Israel langsung mereaksi keras kehadiran Kowsar. Ofir Gendelman, Jubir Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu, mengkritik jet tempur buatan Iran itu. Dia mengatakan bahwa pesawat tersebut hanya meniru F-5 buatan AS yang diluncurkan pada 1960-an.

”Saya langsung melihat bahwa yang mereka pamerkan itu pesawat tempur AS yang tua,’’ ungkap Gendelman sebagaimana dilansir Forbes. Semenjak mendapat sanksi, armada tempur Iran memang sangat terbatas. Khususnya armada udaranya. International Institute for Strategic Studies (IISS) memperkirakan bahwa Iran punya 300 pesawat tempur. Namun, tidak semua layak tempur karena teknologi yang sudah ketinggalan zaman. (bil/c4/hep/jpg)

TAGS

Berita Terkait

Internasional / Iran Pertahankan Pasukan di Suriah kendati Diancam Israel

Internasional / Punya Rudal Pintar, Iran Kritik Israel

Internasional / Meski AS Memberi Sanksi, Iran Tetap Ekspor Minyak

Internasional / AS Tuduh Iran Uji Coba Rudal yang Bisa Jangkau Eropa

Internasional / Ayatollah: Iran Tidak Berniat Memulai Perang

Internasional / Iran : AS Takut Kebangkitan Islam


Baca Juga !.