Rabu, 26 September 2018 10:35 WIB
pmk

Indotainment

Nadine Tegaskan Tak Robek Bendera Merah Putih

Redaktur:

Nadine Chandrawinata. Foto. FREDERICK/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID – Niat baik Nadine Chandrawinata ternyata tak direspons baik oleh netizen. Saat mengunggah fotonya bersama bendera Indonesia pada hari kemerdekaan (17/8), Puteri Indonesia 2005 itu panen hujatan. Sebab, bendera yang dipegang Nadine dalam foto yang diambil pada Maret 2017 tersebut robek.

Hanya dengan melihat foto yang diunggah di Instagram itu, netizen langsung menghakimi Nadine telah melanggar Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan. Nadine disebut merobek bendera. Padahal, bendera tersebut koyak sebelum istri Dimas Anggara itu tiba di puncak Wayag, Raja Ampat. ’’Kan (benderanya) sudah bertahun-tahun ada di sana. Kena badai, hujan, dan panas,’’ ujar Nadine saat dihubungi kemarin sore (21/8).

Dia juga menegaskan tak membawa bendera dan kemudian merobeknya. Untuk mencapai puncak Wayag, Nadine tak boleh membawa banyak barang. Saat mendaki bukit terjal nan bergelombang tersebut, dia hanya berbekal kamera dan air mineral. ’’Kalau kebanyakan barang, bakal sulit naiknya,’’ ungkap perempuan berdarah Indonesia-Jerman tersebut.

Sampai di puncak setelah mendaki selama dua jam, Nadine ingin berfoto bersama bendera tersebut. Menurut dia, bendera Merah Putih itu populer di kalangan traveler. Mereka yang sampai di puncak akan berfoto dengan bendera untuk merayakan perjuangan mendaki bukit. ’’Itu salah satu bucket list aku,’’ ucapnya.

Aktris film Labuan Hati tersebut juga tak berniat merendahkan bendera Merah Putih. Dia tahu ada undang-undang yang mengatur tentang bendera. Sayangnya, warganet malah menyerangnya. Akhirnya, Nadine menghapus foto tersebut agar situasi tak memburuk. Meski begitu, dia tak marah atau kecewa atas komentar negatif yang diterimanya. ’’Lagian kan netizen tidak tahu bahwa bendera itu memang robek dan ada di puncak itu sejak lama,’’ katanya kalem.

Nadine menyatakan sering menemukan bendera robek akibat cuaca dan alam selama traveling. Misalnya, di perahu nelayan; kawasan Carstensz Pyramid, Papua; atau di perbukitan. Dia pun setuju bahwa bendera yang rusak harus diganti. ’’Tapi, kalau di perbukitan, selain medannya sulit, kita nggak tahu bendera itu milik siapa kan,’’ tandasnya. (len/c14/jan)


TOPIK BERITA TERKAIT: #nadine-chandrawinata #artis-dalam-negeri 

Berita Terkait

Tresno Riadi Tangkal Narkoba dengan Keluarga

Indotainment

Agnes Mo Jadi Pacar Videografer

Indotainment

Adly Fairus Terjun ke Panggung Politik

Indotainment

Luna Maya Buka Rahasia

Indotainment

Syahrini Kenang saat Masih Mesra dengan Anang

Indotainment

IKLAN