Rabu, 21 November 2018 03:25 WIB
pmk

Nasional

Gunakan Heli dan Hercules, Mabes TNI Kirim Daging Kurban ke Lombok

Redaktur:

Pesawat Hercules milik TNI yang sempat dikirim ke Lombok pascagempa 7 SR, Minggu (5/8). (dery ridwansyah/jpc)

INDOPOS.CO.ID - Presiden Joko Widodo mengajak aparat TNI yang menggelar kurban pada Hari Raya Idul Adha, agar membagikan dagingnya ke Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB). Saat ini jutaan warga Lombok menjadi korban dampak gempa yang mengguncang sejak sebulan terakhir.

Pesan tersebut diserukan Jokowi setelah melaksanakan salat Idul Adha di Lapangan Tegar Beriman, Bogor, kemarin (22/8). "Harapannya, seluruh masyarakat, semuanya, mau berbagi kepada sesama," kata Jokowi. Dalam hal ini, bantuan bisa disampaikan kepada warga korban gempa di Lombok.

Pada Idul Adha tahun ini, Jokowi melaksanakan salat Id di Lapangan Tegar Beriman, Kabupaten Bogor. Ini kali kedua presiden merayakan Lebaran di Bogor. Pada Idul Fitri lalu, Jokowi merayakan di kompleks Kebun Raya Bogor.

Setelah salat, presiden melanjutkan kegiatan ke Masjid Baitul Faizin, Kabupaten Bogor. Di sana dia menyerahkan langsung hewan kurban sapi berjenis brahma dengan berat 1,3 ton. Selain di Bogor, Jokowi berkurban di sejumlah tempat di seluruh provinsi. Salah satunya di Masjid Istiqlal, Jakarta. Di Jakarta, Jokowi berkurban sapi jenis ongole dengan berat sekitar 1,5 ton berusia 7 tahun.

Sapi kurban Jokowi itu diserahkan bersamaan dengan sapi 1,4 ton berusia 6 tahun yang menjadi hewan kurban Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). JK menyerahkan sapi tersebut kepada Badan Pengurus Masjid Istiqlal setelah salat Id.

Merespon  ajakan presiden, Mabes TNI mengirimkan daging hewan kurban ke Lombok. Menggunakan pesawat Hercules A-1320 milik TNI-AU, 6.478 kilogram daging hewan kurban diterbangkan ke sana. Menurut Kapuspen TNI Mayjen M. Sabrar Fadhilah, pengiriman daging hewan kurban ke Lombok merupakan bentuk dukungan TNI kepada masyarakat Lombok.

Seluruh daging hewan kurban dari Mabes TNI, sambung Sabrar, sudah siap dibagikan. Mereka sengaja mengemas daging hewan kurban itu dalam boks yang sudah dibauri biang es. "Sehingga siap untuk diolah dan dikonsumsi warga," ujar Sabrar. Khusus untuk distribusi daging hewan kurban ke wilayah yang sulit dijangkau, pihaknya sudah menyiapkan helikopter. (far/jun/jpc/ind)


TOPIK BERITA TERKAIT: #tni #gempa-lombok #gempa-bumi #idul-adha 

Berita Terkait

Tanah Labil, Rawan Gempa Bumi

Megapolitan

Kota Palu Terbanyak Korban Meninggal Gempa Sulteng

Headline

Pascagempa Sulteng 4 Daerah Masih Terisolasi

Headline

Yang Tersisa dari Musibah Tsunami di Sulawesi Tengah

Nasional

BNI Bangun 400 Huntara di Daerah Bencana

Nusantara

IKLAN