Indobisnis

Ratusan Siswa SMP di BSD City Ikuti Nonton Bareng Film Battle of Surabaya, Animasi Karya Anak Bangsa Indonesia

Editor:

Dari kiri ke kanan Dhony Rahajoe Managing Director President Office Sinar Mas Land, Andy F, Noya pembawa acara Kick Andy dan juga warga BSD, Irawan Harahap Project Leader Digital Hub Sinar Mas Land dan Aryanto Yuniawan, M.Kom CEO MSV Studio sekaligus Sutradara Battle of Surabaya photo bersama anak-anak SMP Negeri 7 Serpong, MTSN 5 Pagedangan dan Sekolah Stella Maris saat nonton bareng film animasi “Battle of Surabaya” sebagai bagian dari perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI yang ke-73 di XXI The Breeze, BSD City pada 11 Agustus 2018.

INDOPOS.CO.ID - DALAM rangka menyambut hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 73, Sinar Mas Land mengajak ratusan siswa SMP yang ada di sekitar BSD City untuk menonton film animasi bertema perjuangan yaitu “Battle of Surabaya”. Ratusan siswa SMP tersebut berasal dari berbagai sekolah diantaranya SMP Negeri 7 Serpong, MTSN 5 Tangerang dan SMP Stella Maris BSD City. Acara nonton bareng (nobar) tersebut berlangsung di bioskop XXI The Breeze BSD City, (11/08). Perusahaan yang bergerak di bidang properti tersebut, menggelar acara ini untuk mengenalkan dunia animasi sedini mungkin kepada anak anak. Diharapkan melalui acara nobar film animasi tersebut, maka akan menguatkan rasa cinta terhadap produk animasi karya anak bangsa. Seperti diketahui sektor animasi saat ini berkembang pesat, termasuk di Indonesia.

Sinar Mas Land memilih film Battle of Surabaya karena film yang berlatar belakang perang 10 November 1945 tersebut, juga menceritakan keberagaman suku bangsa Indonesia. Film animasi Battle of Surabaya karya MSV Studio juga telah menyabet 24 penghargaan di kancah internasional seperti International Movie Trailer Festival (IMTF), Holland Animation Film Festival 2016, Gold Winner Remi Award 2016, best animation of animated sequence 2017, special screening Athens animefest 2016, best animation di Milan IFF 2017 dan penghargaan lainnya.

Setelah menonton film berdurasi 99 menit tersebut, para peserta kemduian mendengarkan pemaparan mengenai perkembangan dunia animasi dari Aryanto Yuniawan M.Kom (CEO MSV Studio dan Sutradara Battle of Surabaya), serta wartawan senior sekaligus host program acara Kick Andy, yaitu Andy F. Noya. “Perkembangan dunia animasi saat ini sangat cepat dan sejumlah hasil karya anak bangsa di bidang animasi mendapatkan response yang baik di kancah internasional, seperti film Battle of Surabaya hasil karya MSV Studio. Diharapkan dengan acara semacam ini, akan memberikan pemahaman mengenai dunia animasi kepada anak-anak usia sekolah dan tentunya kami, Sinar Mas Land juga ingin berperan aktif demi majunya dunia pendidikan animasi di tanah air,” Dhony Rahajoe, Managing Director President Office Sinar Mas Land.

Acara Nobar film animasi ini merupakan salah satu kegiatan yang ada dalam program Satu BSD. Satu BSD sendiri adalah forum silaturahmi yang bergerak di tiga bidang yaitu Berdikari, Sehat dan Damai. Dimana acara nobar Battle of Surabaya ini merupakan bagian dari program Damai khususnya di bidang budaya. Event ini sekaligus merupakan perayaan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73 dan diharapkan dengan acara ini anak-anak menjadi lebih menghargai keberagaman di Indonesia seperti yang diceritakan dalam film tersebut.

MSV Studio dan AMIKOM beberapa waktu lalu telah menandatangani kerjasama dengan Sinar Mas Land untuk membangun animation valley yang ada di kawasan Digital Hub BSD City. Animation Valley kedepannya akan menjadi pusat kegiatan animasi yang mencakup studio produksi, sekolah animasi, dan tempat berkumpulnya komunitas animasi.

Seperti diketahui Sinar Mas Land melalui BSD City sedang gencar menghadirkan fasilitas dan infrastruktur berbasis teknologi di kota satelit tersebut. Hal ini ditujukan untuk merealisasikan rencana perusahaan yang ingin menjadikan BSD City sebagai “The First Integrated Smart Digital City” yang didukung dengan sistem, fasilitas, serta infrastruktur teknologi dan digital untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan kegiatan sehari-harinya. Keberadaan infrastruktur jaringan fiber optik tentu semakin memperkuat keunggulan BSD City karena didukung akses internet dan kecepatan pengiriman data, high resiliencies fiber backbone, keterbukaan akses untuk fleksibilitas, hingga kesiapan pelayanan cloud kelas dunia. Komitmen BSD City tak hanya sebatas hal diatas, transformasi ini berlanjut dengan mengalokasikan satu kawasan untuk komunitas Digital, yakni Digital Hub.

Irawan Harahap, Project Leader Digital Hub Sinar Mas Land mengatakan, “Dengan adanya pemutaran film animasi ini kepada anak-anak sekolah, semoga menjadi pemicu untuk mengembangkan bakat mereka di bidang animasi. Kami akan memfasilitasi kreatif industry salah satunya industri animasi melalui animation valley yang nanti akan dibangun di kawasan Digital Hub BSD City.”

Digital Hub kawasan seluas 25,86 Ha terletak di bagian selatan Green Office Park, BSD City. Digital Hub merupakan inovasi Sinar Mas Land untuk menjawab kebutuhan masyarakat di era teknologi digital akan kawasan yang memiliki infrastruktur teknologi, fasilitas lengkap, serta berlokasi strategis dan multi akses. Kawasan ini didedikasikan sebagai ‘Silicon Valley’ Indonesia, dipersembahkan khusus untuk menunjang operasional dan aktivitas keseharian perusahaan teknologi dan digital, mulai dari start up company, animation institution, technology leaders, hingga institusi pendidikan yang bergerak di bidang IT Science. Kawasan Digital Hub telah mulai konstruksi pada kwartal kedua 2017 dan menelan total biaya hingga Rp 7 triliun. Digital hub akan dilengkapi beberapa fasilitas seperti interaktif meeting room, mesin 3D printing, gaming room, VR room, segway dan fasilitas lain yang semua ini dapat digunakan bersama-sama untuk kepentingan komunitas di Digital Hub. (adl)

Berita Lainnya

Banner

Facebook

Twitter