Kamis, 15 November 2018 03:11 WIB
pmk

Headline

Banyak Dapat Kritikan, KPK Tetap Lakukan Rotasi Internal

Redaktur:

INDOPOS.CO.ID - Meski sempat mendapat kritikan dari berbagai pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersikukuh melakukan rotasi jabatan struktutal di internalnya. Jumat (24/8/2018) sekitar pukul 14.00 hari ini, sebanyak 15 jabatan bakal dirotasi.

Informasi yang dihimpun INDOPOS, para pejabat yang dirotasi, mulai dari Kepala Biro hingga Direktur itu akan dilantik usai Salat Jumat.

"Kebijakan melakukan rotasi terhadap sejumlah jabatan di KPK setelah dipertimbangkan dengan sebaik-baiknya tentu saja, tadi saya dapat informasi ada 15 direktur, kepala biro dan satu orang kepala sekretariat ya, yang rencananya akan dilakukan pelantikan besok," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Kamis (23/8).

Febri mengatakan bahwa keputusan untuk merotasi 15 jabatan internal tersebut, didasarkan untuk pengembangan kepegawaian. Menurut dia, pejabat atau karyawan KPK yang telah mengabdi lebih dari 3 tahun untuk suatu jabatan tertentu, dapat menduduki jabatan baru yang masih tetap setara.

"Pimpinan sudah menimbang sesuai dengan ketepatan jabatan masing-masing pihak ini sebagian besar itu menjabat di KPK lebih dari 3 tahun. Sehingga perlu dipikirkan tentang penugasan yang tepat, rotasi, ataupun hal-hal lain terkait pengembangan kepegawaian," ucap Febri.

Sehingga nantinya setelah pelantikan itu, tiap pihak yang telah menempati posisi barunya, dapat memberikan nilai positif baru bagi KPK serta tentunya dapat bekerja dengan lebih baik lagi untuk KPK.

"Nanti setelah pelantikan tentu yang diharapkan adalah KPK bisa bekerja lebih baik ke depan. Jadi itu yang mendasari pimpinan untuk mengambil keputusan itu," kata Febri.

Rotasi terhadap sejumlah jabatan struktural itu sempat menuai protes dari pihak aktivis antikorupsi dan juga Wadah Pegawai KPK. Sebab, rotasi itu dinilai tidak transparan. pimpinan KPK menegaskan bahwa rotasi dilakukan untuk membuat jalannya KPK sebagai organisasi tetap dinamis.

Febri mengatakan bahwa pimpinan dan Wadah Pegawai KPK sudah bertemu membahas rotasi tersebut.

"Jadi sudah ada pertemuan ya, dan ada pembahasan. Kemudian pimpinan sudah bertemu dengan sejumlah struktural baik direktur atau kepala biro masukan-masukan terkait proses pengaturan itu ditindaklanjuti dan ada keputusan pimpinan KPK yang sudah dibuat terkait dengan hal tersebut," kata dia.

Berikut daftar 15 pejabat struktural direncanakan akan dirotasi tersebut:

Kedeputian Bidang Pencegahan

1. Direktur Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat

2. Direktur Gratifikasi

3. Direktur PP LHKPN

Kedeputian Pengawasan Internal dan Pengaduan Masyarakat (PIPM)

4. Direktur Pengaduan Masyarakat

5. Kepala Sekretariat PIPM

Sekretaris Jenderal

6. Kepala Biro SDM

7. Kepala Biro Umum

8. Kepala Bagian PIKP, Biro Humas

9. Kepala Bagian Perencanaan Strategis Organisasi dan Tata Laksana, Biro Renkeu

10. Kepala Bagian Perencanaan dan Anggaran, Biro Renkeu

11. Kepala Bagian Diklat, Biro SDM

12. Kepala Bagian pelayanan kepegawaian, Biro SDM

13. Kepala Bagian perencanaan dan pengembangan kepegawaian, Biro SDM

14. Kepala Bagian pengelolaan gedung perkantoran, Biro Umum

15. Kepala Bagian kearsipan dan administrasi perkantoran, Biro Umum (nug)


TOPIK BERITA TERKAIT: #kpk 

Berita Terkait

IKLAN