Rabu, 14 November 2018 09:15 WIB
pmk

Kesehatan

5 Kebiasaan ini Bisa Merusak Kesehatan Anda

Redaktur:

ilustrasi orang depresi (meetdoctor.com)

INDOPOS.CO.ID - Menjaga kesehatan wajib hukumnya. Dengan tubuh yang sehat, jiwa dan pikiran pun akan sehat, selaras, dan seimbang. Tubuh yang sehat juga membuat Anda dapat melakukan berbagai kegiatan tanpa hambatan.

Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan. Selain dengan mengatur asupan gizi harian dan rutin berolahraga, Anda juga harus menghentikan berbagai kebiasaan buruk yang diam-diam dapat merusak kesehatan.

Dilansir dari laman VeryWellHealth, berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang tak Anda duga, yang sesegera mungkin harus Anda hentikan demi kesehatantubuh Anda.

1. Mengenang masa lalu yang pahit
Tak ada hal baik yang didapat dari mengenang masa lalu yang pahit. Dampaknya terhadap kesehatan psikologis terbukti lewat sebuah studi yang dipublikasikan melalui “Behaviour Research and Therapy” baru-baru ini.

Studi ini menemukan bahwa jika Anda hanya fokus secara kompulsif pada kesusahan ketimbang mencari solusi, akan rentan mengalami gejala depresi. Semakin banyak orang berpikir tentang peristiwa yang membuat stres, maka semakin besar kemungkinan mereka mengalami depresi.

Daripada buang-buang waktu mengingat hal-hal pahit di masa lalu yang tak mungkin Anda ubah, lebih baik fokuslah pada hari ini dan masa depan. Nikmati hari-hari yang Anda jalani, cari solusi segala permasalahan akibat masa lalu, dan rencanakan masa depan yang lebih baik.

2. Mengeluh
Studi 2011 yang diterbitkan dalam “Journal of Clinical Child and Adolescent Psychology” menemukan hubungan antara perilaku percakapan yang berorientasi negatif dengan depresi. Disebutkan bahwa anak-anak yang cenderung terus-terusan berkonflik dengan teman-teman sebanyanya, lebih mungkin terdiagnosis depresi.

Studi lain pada 2008 yang dipublikasikan dalam jurnal “Hormones and Behaviour”, menemukan bahwa berbicara dengan teman dalam konteks negatif dapat meningkatkan hormon stres, khususnya pada wanita. Berbicara dengan teman sebetulnya dapat mengurangi stres, tapi mengulang-ulang pembicaraan mengenai kesulitan yang tengah Anda hadapi, akan meningkatkan emosi negatif dan membuat diri Anda terjebak pada suasana hati yang buruk.

3. Mengkritik diri sendiri
Apakah Anda selalu menyalahkan diri saat melakukan kesalahan? Anda selalu membuat daftar hal-hal yang seharusnya bisa Anda lakukan lebih baik? Selalu fokus terhadap kekurangan ketika bercermin? Mengkritik diri sendiri terlalu keras secara tidak Anda sadari bisa merusak kesehatan Anda, khususnya mental.

Sebuah studi tahun 2014 yang terbit dalam jurnal “Personality and Individual Differences” menemukan bahwa kritik diri yang terlalu keras dapat meningkatkan gejala depresi. Ubahlah segera cara berpikir Anda. Meski kebiasaan ini sulit dihentikan, tapi dengan tekad kuat, Anda dapat pelan-pelan belajar untuk menghargai diri dan lebih positif. Ingat, tak ada manusia yang sempurna.

4. Begadang
Tidur larut malam dan baru tidur pada pagi hari dapat meningkatkan peluang dalam penurunan kesehatan fisik maupun mental secara signifikan.

5. Makan berlebihan
Makan hingga kenyang mungkin hal yang normal. Namun, ini akan menjadi masalah ketika makan berlebihan menjadi suatu kebiasaan dan menyebabkan masalah kesehatan. Makan berlebihan dapat mengakibatkan kelebihan berat badan. Kondisi tersebut rentan meningkatkan risiko berbagai gangguan kesehatan.

Selain itu, hindari juga kebiasaan buruk seperti merokok, minum alkohol berlebihan, dan jaga gaya hidup.(rn/rvs/klikdokter/jpnn/ind)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #kesehatan 

Berita Terkait

Hampir Capai Seratus Persen

Jakarta Raya

Anak Sering Mual dan Muntah, Waspadai Ginjal

Jakarta Raya

Radang Sebabkan Gigi Cepat Ompong

Jakarta Raya

Kuncinya, Gizi Seimbang Ditambah Susu

Jakarta Raya

Dehidrasi Sebabkan Batu Ginjal

Jakarta Raya

Pasien Tinggal Datang, Tak Perlu Antre

Jakarta Raya

IKLAN