Rabu, 19 September 2018 06:11 WIB
pmk

Kesehatan

Atasi Bintik-bintik Hitam di Kulit Wajah dengan 5 Bahan Alami

Redaktur:

Ilustrasi atasi bintik-bintik hitam pada kulit wajah dengan lima bahan alami. (Istimewa)

INDOPOS.CO.ID - Bintik-bintik hitam terkadang muncul seiring dengan bertambahnya usia. Kondisi tersebut dipicu oleh sekresi melanin yang berlebihan di permukaan kulit. Selain itu paparan sinar matahari, ketidakseimbangan hormon, dosis obat-obatan tertentu, stres, serta kurang tidur juga menyebabkan bintik hitam muncul.

Dilansir dari Healthy Guide, untungnya ada banyak perawatan yang dapat Anda gunakan, seperti operasi laser dan pengelupasan kulit asam. Namun saat ini terdapat perawatan kulit wajah dengan bahan alami yang dapat mengatasai bintik-bintik hitam secara permanen. Apa saja itu?

1. Kunyit
Kunyit dapat membantu memperbaiki kerusakan radikal bebas serta mengurangi perubahan warna kulit wajah dan pigmentasi. Ini juga berguna untuk menghilangkan bintik-bintik hitam secara cepat.

Caranya haluskan kunyit hingga lembut dan campurkan beberapa tetes lemon dan susu. Gunakan ini untuk diterapkan langsung ke area bintik-bintik hitam. Biarkan dalam beberapa menit dan kemudian gunakan air hangat untuk membilasnya.

2. Lidah Buaya
Lidah buaya mengandung banyak sifat penyembuhan yang kuat. Gelnya memberikan polisakarida yang dapat membantu dalam merangsang perkembangan dan pertumbuhan sel-sel kulit baru. Sehingga membantu memudar dan membersihkan bekas luka dan bintik-bintik hitam.

Potong daun lidah buaya dan tarik gel lidah buaya segar. Terapkan gel langsung ke area kulit dengan bintik-bintik hitam dan bercak gelap. Pijat area dengan lembut menggunakan ujung jari selama beberapa menit.

Biarkan dalam waktu sekitar lima belas sampai dua puluh menit, lalu bersihkan kulit wajah Anda secara menyeluruh. Terapkan metode ini 1 - 2 kali per hari selama beberapa minggu untuk mengurangi munculnya perubahan warna kulit.

3. Buttermilk
Menggunakan buttermilk juga merupakan salah satu tips terbaik tentang cara menghilangkan kulit gelap di siku, leher, wajah, lutut, dan di bawah lengan. Kandungan asam laktat di dalamnya akan membantu mengurangi pigmentasi kulit secara bertahap, serta mencerahkan keseluruhan kompleksi kulit.

Caranya ambil 4 sdt. dari buttermilk. Tambahkan 2 sdt jus tomat segar. Campurkan 2 bahan (keduanya memiliki khasiat pemutih yang luar biasa kuat) dan kemudian oleskan ke kulit wajah Anda. Bilas setelah lima belas menit.

4. Kentang
Kentang memberikan sifat pemutihan alami yang dapat membantu banyak dalam memar bekas luka dan bintik-bintik. Pati dalam kentang dapat membantu mengurangi pigmentasi, sedangkan enzim dari sayuran ini dapat membantu mempromosikan kulit yang sehat.

Kupas dan parut satu buah
kentang. Campurkan dengan 1 sdt madu dalam parutan
kentang. Terapkan masker ke kulit wajah Anda dan biarkan mengering dalam waktu sekitar lima belas menit. Bilas dengan air hangat.

5. Almond
Almond dapat membantu mencerahkan permukaan kulit Anda serta mengurangi bekas luka dan bintik-bintik hitam. Kaya akan lemak sehat, antioksidan, dan vitamin E, almond dapat membantu banyak dalam mempertahankan kulit yang mulus dan bersih.

Ambil delapan sampai sepuluh almond dan rendam dalam susu selama semalam. Sekarang, tambahkan 1 sdt bubuk cendana dan ½ sdt madu di dalamnya. Campur untuk membuat pasta halus. Terapkan langsung ke kulit wajah Anda. Biarkan dalam waktu sekitar setengah jam dan kemudian bilas. Gunakan masker wajah ini sekali atau dua kali seminggu. (fid/jpc/ind/jpc)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #kesehatan #wanita 

Berita Terkait

Mengetahui Manfaat Daun Kelor

Kesehatan

Krisis Obat Ancam Keselamatan Pasien

Jakarta Raya

Jauhi 5 Makanan yang Membuat Kulit Rusak dan Berjerawat

Kesehatan

IKLAN