Minggu, 18 November 2018 08:01 WIB
pmk

Politik

LSI Denny JA: Jokowi-Ma'ruf Kuasai Pemilih Muslim Aktivis Ormas

Redaktur:

Rilis survei LSI Denny JA bertajuk Pemilih Muslim VS Pemilih Muslim : Jokowi VS Prabowo. Foto : Jaa Rizka Pradana / INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA kembali merilis elektabilitas pasangan calon presiden dan wakil presiden 2019, Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandi. Kali ini, LSI Denny JA mengambil ceruk pemilih muslim yang mempunyai populasi 85 persen.

Peneliti LSI Denny JA, Rully Akbar, memaparkan, dari temuan survei, pemilih muslim yang terasosiasi dengan ormas NU sebanyak 41,3 persen, Muhammadiyah 6,3 persen, PA 212 3,6 persen, ormas Islam lainnya 1,4 persen. Lalu publik yang menjawab bukan dari bagian ormas 27 persen serta tidak menjawab 20,4 persen.

"Pada kategori ini Jokowi - Ma'ruf unggul di segmen NU, Muhammadiyah dan ormas lain. Prabowo - Sandi unggul di PA 212," cetus Rully dalam jumpa pers LSI Denny JA di Graha Rajawali Rawamangun Jakarta Timur, Jumat (24/8/2018).

Ia merinci, pada pemilih berlatar NU, Jokowi-Ma'ruf dipilih sebanyak 54,7 persen, sedangkan Prabowo-Sandiaga dipilih 27 persen. Jokowi juga unggul dari kalangan pemilih Muhammadiyah. Setidaknya, 50 persen memilih Jokowi-Maruf, dan 35,7 persen memilih Prabowo-Sandiaga.

"Begitu juga dengan responden yang mengaku dari ormas lain, 60 persen memilih Jokowi-Maruf, 26,7 persen memilih Prabowo-Sandiaga, dan pemilih yang tidak merasa bagian dari ormas, 58,9 persen pilih Jokowi-Maruf, sedangkan Prabowo-Sandiaga hanya dipilih 28,1 persen," jelasnya.

Rully mengatakan, Prabowo-Sandiaga hanya unggul di pemilih dari responden yang merasa bagian dari PA 212. Sebanyak 61,1 persen memilih Prabowo-Sandi dan 27,8 persen pilih Jokowi-Maruf.

Rully menjelaskan, survei dengan kategori pemilih muslim dilakukan karena mayoritas pemilih di Indonesia sebagai muslim.

Survei ini dilakukan dalam rentan waktu 12-19 Agustus 2018 dengan menggunakan metode sampling multistage random sampling. Jumlah publik yang berpartisipasi sebanyak 1.200 responden menggunakan wawancara tatap muka kuesioner. Adapun margin of error ada pada angka 2,9 persen. (jaa)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #survei-lsi-denny-ja #jokowi-maruf-amin #pilpres-2019 

Berita Terkait

IKLAN