Rabu, 26 September 2018 10:10 WIB
pmk

Politik

Massa dari Para Ulama Lebih Banyak Pilih Jokowi - Ma'ruf Amin

Redaktur:

INDOPOS.CO.ID - Peneliti LSI Denny JA, Rully Akbar menyatakan, ada delapan ulama atau tokoh agama yang paling didengar pemilih muslim ketika memberikan imbauan mengenai Pilpres 2019.

Dari hasil survei, Rully mengatakan, Ustadz Abdul Somad (UAS) menjadi yang paling didengar pemilih sebesar 20,2 persen masyarakat, Ustadz Yusuf Mansur 14,2 persen, Ma'ruf Amin 8 persen, Habib Rizieq Shihab 7 persen, Amien Rais 5,8 persen, Said Aqil Siradj 2,1 persen, Din Syamsudin 1,4 persen, TGB Zainul Majdi 0,6 persen dan gabungan tokoh lain 10,2 persen. 

Lalu publik yang menyatakan tidak terpengaruh dari imbauan para ulama maupun tokoh agama sebesar 30,5 persen masyarakat.

Rully menuturkan, dalam segmen ini hampir seluruh pemilih muslim menyatakan memilih Jokowi - Ma'ruf Amin. Mereka adalah massa dari Yusuf Mansur, Ma'ruf Amin, Said Aqil, Din Syamsudin, TGB Zainul Majdi, gabungan tokoh lain serta pemilih yang tidak terikat tokoh agama.

"Prabowo - Sandiaga hanya unggul di tokoh UAS, Habieb Rizieq, dan Amien Rais. Jokowi - Ma'ruf menang di lima tokoh lain," jelas Rully dalam jumpa pers temuan survei LSI Denny JA di Rawamangun Jakarta Timur, Jumat (24/8/2018).

Ia merinci, dari massa UAS terdapat beda tipis dalam mendukung pasangan capres-cawapres. Sebanyak 41,7 persen memilih Prabowo - Sandi dan sisanya 39,6 persen memilih Jokowi - Ma'ruf.

Lalu massa dari Ustadz Yusuf Mansur pemilih muslim lumayan membuat jarak. Setidaknya 49,3 persen mendukung petahana dan 28,2 persen memilih penantang. Massa dari Ma'ruf Amin juga demikian. Sebanyak 77,5 persen memilih dirinya dan Jokowi, sedangkan hanya 8 persen mendukung Prabowo-Sandi.

"Yang mendengar imbauan Habieb Rizieq, 64,3 persen mendukung Prabowo - Sandi, 21,4 persen ke Jokowi - Ma'ruf Amin. Serta yang mendengar Amien Rais, 63,8 persen ke Prabowo - Sandi, 19 persen ke Jokowi - Ma'ruf Amin," tukas Rully.

Survei ini dilakukan dalam rentan waktu 12-19 Agustus 2018 dengan menggunakan metode sampling multistage random sampling. Jumlah publik yang berpartisipasi sebanyak 1.200 responden menggunakan wawancara tatap muka kuesioner. Adapun margin of error ada pada angka 2,9 persen. (jaa)


TOPIK BERITA TERKAIT: #peneliti-lsi-denny-ja #rully-akbar #jokowi-maruf-amin #pilpres-2019 #ulama 

Berita Terkait

IKLAN