Minggu, 23 September 2018 12:08 WIB
pmk

Politik

Ini Alasan Pemilih Muslim Lebih Dukung Jokowi - Ma'ruf Amin

Redaktur: Ali Rahman

Joko Widodo dan Ma'ruf Amin bersama para pimpinan parpol pengusungnya saat mendaftar di KPU sebagai bakal calon presiden dan calon wakil presiden beberapa waktu lalu. Foto: Ismail Pohan/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - LSI Denny JA menggelar temuan survei elektabilitas paslon capres - cawapres dari segmen pemilih muslim. Paslon Jokowi - Ma'ruf Amin nampaknya masih mendominasi pemilih terbesar di negara ini dengan populasi 85 persen.

Peneliti LSI Denny JA, Rully Akbar memaparkan, ada lima alasan pemilih muslim lebih condong mendukung petahana daripada memilih Prabowo Subianto - Sandiaga Uno.

Ia sebut, umat Islam merasa lebih terwakili dengan pasangan yang diusung oleh partai politik Koalisi Indonesia Kerja memilih Ma'ruf Amin sebagai cawapres. Faktor cawapres dari kalangan Islam menjadi penentu.

"Ma'ruf itu Ketua MUI, sementara Sandi bukan tokoh yang dikenal dalam pergerakan Islam," kata Rully di Jakarta Timur, Jumat (24/8/2018).

Faktor kedua, menurut Rully, umat Islam puas dengan kinerja Presiden Jokowi dengan prosentase kepuasan sebesar 75 persen. Adapun pemilih muslim yang menyatakan tidak puas hanya sebesar 21,5 persen.

Alasan ketiga, pemilih muslim lebih menyukai karakter Jokowi ketimbang Prabowo. Mantan Wali Kota Solo itu unggul di lima personaliti, sedangkan Prabowo hanya di dua personaliti.

"Personaliti jujur, nasionalis, agamis, perhatian pada rakyat, dan mampu mengambil keputusan dengan tegas diungguli Jokowi. Kalau Prabowo unggul di personaliti pintar dan berwibawa," katanya.

Selanjutnya, pemilih muslim juga lebih menyukai Ma'ruf Amin secara personaliti daripada Sandiaga.

Alasan kelima, sebut Rully, umat Islam menyukai program yang menguatkan ekonomi umat. Sebanyak 84,7 persen umat muslim mendukung program ekonomi keummatan dan sebanyak 6,7 persen dari mereka menyatakan program ekonomu umat biasa-biasa saja. Lalu yang tidak menyukai program ini hanya 0,8 persen.

"Ini memperlihatkan dukungan publik terhadap program ini di mana pelopornya adalah Ma'ruf Amin selaku Ketua MUI," tuntas Rully. (jaa)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #peneliti-lsi-denny-ja #rully-akbar #jokowi-maruf-amin #pilpres-2019 #ulama 

Berita Terkait

IKLAN