Rabu, 14 November 2018 08:50 WIB
pmk

Hukum

Ini Peranan Idrus Marham dalam Kasus Suap PLTU Riau-1

Redaktur: Ali Rahman

Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan (kanan) bersama Juru Bicara KPK Febri DIansyah pada konfrensi pers pengembangan penanganan perkara, mengenai proyek PLTU Riau-1 di Gedung KPK, Jumat (24/8/2018).

INDOPOS.CO.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), menyampaikan kontruksi perkara Idrus Marham atas kasus suap proyek PLTU Riau-1. Dalam kasus ini mantan Menteri Sosial itu, diduga mendorong proses dalam penandatanganganan proyek tersebut.

Bahkan, Idrus Marham mengetahui dan memiliki andil perihal penerimaan uang oleh Eni Maulani Saragih dari pemegang saham Blackgold Natural Resources Limited (BNR) Johanes Budisutrisno Kotjo.

"Status Idrus Marham yang bersangkutan adalah bersama-sama atau turut membantu, dalam hal ini posisi sebagai penyelenggara negara adalah Eni Maulani Saragih selaku Wakil Ketua Komisi VII DPR," ujar Wakil Ketua KPK RI, Basaria Panjaitan, di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Kamis (24/8/2018).

Basaria menekankan, bahwa KPK menetapkan tersangka Idrus Marham tidak mempersoalkan jabatannya. Tapi, yang menjadi persoalan adalah perannya yang turut membantu kelancaran proyek suap tersebut.

"1,5 juta dolar AS ini menurut hasil pemeriksaan penyidik adalah dalam bentuk janji. Yang akan diberikan, kalau Johanes Budisutrisno Kotjo sudah akan menerima dan mengerjakan proyek teresbut, jadi ini dalam bentuk janji," terang Basaria.

Atas perbuatannya, Idrus Marham disangkakan melanggar Pasal 12 huruf a, atau Pasal huruf b, atau Pasal 11 Undang Undang No31 Tahun 1999. Sebagaimana telah diubah dengan Undang Undang No20 Tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke KUHP atau Pasal 56 ayat (1) KUHP juncto Pasal 64 ayat (1) KUHP.  (cr-2)


TOPIK BERITA TERKAIT: #idrus-marham #kasus-korupsi-pltu-riau-1 #idrus-tergerus-kasus-listrik #kpk-ri #basaria-panjaitan 

Berita Terkait

Golkar Kawal PLTU, Idrus: Jangan Kaitkan Partai

Hukum

Suap PLTU Riau-1, Idrus Bantah Terima Jatah

Hukum

Idrus Bantah Uang PLTU Mengalir ke Munaslub Golkar

Headline

KPK Periksa Idrus Marham

Headline

IKLAN